Selama Sepekan, Planet Mars dan Saturnus Bakal Berdekatan

Selama Sepekan, Planet Mars dan Saturnus Bakal Berdekatan
Letak Mars dan Saturnus selama sepekan kedepan. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Dua planet anggota tata surya, planet Mars dan Saturnus bakal terlihat berdekatan atau berdampingan di langit Bumi. Keduanya hanya terpisah 3° satu sama lain.

Di Indonesia, kita bisa mulai mengamati dekatnya Mars dan Saturnus selepas Matahari terbenam. Mereka akan berada di 65° di atas cakrawala Barat Daya pada 18:12 waktu setempat.

Mereka tidak stuck atau diam di langit, mereka akan berangsur terbenam karena gerak rotasi Bumi pada pukul 22:45 waktu setempat daerah Anda.

Dalam astronomi ini adalah peristiwa biasa yang disebut konjungsi. Saat konjungsi, Mars akan bersinar pada magnitudo 0,1 sedangkan Saturnus pada magnitudo 1,1 di rasi bintang Libra.

Anda tidak butuh teleskop untuk mengamatinya. Namun jika ternyata punya teleskop, gunakanlah untuk mengintip cincin Saturnus.

Konjungsi ini berlangsung sepekan, yakni mulai 23 hingga 30 Agustus 2014. Namun, puncak konjungsi adalah 26 Agustus 2014 pukul 1:14 WIB dinihari.

Selamat mengamati!
Selama Sepekan, Planet Mars dan Saturnus Bakal Berdekatan Selama Sepekan, Planet Mars dan Saturnus Bakal Berdekatan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/23/2014 01:22:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.