Roda Robot Penjelajah Mars Curiosity Bolong

Roda robot Curiosity yang rusak/bolong. Kredit: NASA, JPL
Info Astronomy - Curiosity dikabarkan mengalami kerusakan di beberapa rodanya yang cukup parah sehingga dirasakan bisa cukup mengganggu kelancaran pergerakannya.

Kerusakan terjadi akibat medan berbatu Mars yang sangat ekstrem. Batu-batu di sana begitu tajam dan keras sehingga merusak kulit dari roda Curiosity.

Kulit roda Curiosity tampak robek akibat tertusuk batu yang mana robekan itu juga semakin melebar dan bukan tidak mungkin kulit roda itu akan terlepas.

Para ilmuwan NASA memperkirakan bahwa efek dari batu-batu tajam itu tidak seekstrem itu. Tapi ternyata dugaan itu salah dan saat ini tampaknya keadaaan roda begitu mengkhawatirkan.

Hal ini tentunya menjadi masukkan berharga bagi ilmuwan NASA untuk bagaimana mendesain roda rover yang lebih baik pada robot Mars generasi berikutnya.

Lembaga Antariksa AS tersebut berencana kembali mendaratkan robot baru di Mars setelah Curiosity berhasil mendarat pada Agustus 2012 silam.

Robot baru nanti rencananya akan diluncurkan pada tahun 2020.
Roda Robot Penjelajah Mars Curiosity Bolong Roda Robot Penjelajah Mars Curiosity Bolong Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/23/2014 06:08:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.