Planet Neptunus Berada di Jarak Terdekatnya dengan Bumi Hari Ini

Planet Neptunus. Kredit: NASA
Info Astronomy - Inilah saat yang tepat untuk mengamati planet Neptunus di langit Bumi. Sebab, ia sedang berada di titik terdekatnya dengan Bumi atau yang disebut oposisi.

Di Indonesia, Neptunus akan terlihat mulai pukul 19:30 WIB hingga 04:19 WIB di rasi bintang Aquarius. Oh iya, mengamati Neptunus harus menggunakan teleskop canggih karena Neptunus sangat redup bila diamati lewat mata saja.

Neptunus akan mencapai titik tertinggi di langit pada pukul 23:53 WIB, yakni 86° di atas cakrawala Selatan Anda.

Jarak terdekat Neptunus dari Bumi ini terjadi ketika Neptunus berada hampir tepat di seberang Matahari di langit. Karena Matahari mencapai jarak yang terbesar di bawah cakrawala di tengah malam, titik berlawanan dengan itu adalah tertinggi di langit pada waktu yang sama.

Pada sekitar waktu yang sama, Neptunus melewati oposisi, yang membuatnya berada di titik terdekat dengan Bumi.

Hari ini (30/9), Matahari-Bumi-Neptunus berada dalam segaris lurus di tata surya. Neptunus berada pada jarak 28,96 SA (Satuan Astronomi. 1 SA = 150 juta km) dari Bumi hari ini, saat oposisi.

Tidak akan ada dampak negatif apapun dari peristiwa oposisi Neptunus ini. Beruntunglah Anda yang memiliki teleskop karena dapat mengamati Neptunus 'lebih dekat'.