Perseid Telah Berlalu, Inilah Hujan Meteor Selanjutnya

Perseid Telah Berlalu, Inilah Hujan Meteor Selanjutnya
Galaksi Bima Sakti dan Meteor di Gunung Bromo, Indonesia. Kredit: Justin Ng
Info Astronomy - Dinihari (13/8) menjadi puncak hujan meteor Perseid, hujan meteor ini berhasil diamati tim pengamat Info Astronomy dari pukul 3:00 - 05:00 WIB.

Hujan meteor Perseid mencapai puncaknya pada 13 Agustus 2014, intensitasnya 100 meteor per jam (ZHR).

Besok malam (14/8) hingga seterusnya 24 Agustus 2014 mendatang, sayangnya intensitas pasca-puncaknya akan menurun ke angka 10 meteor per jam.

Apa Hujan Meteor selanjutnya?

Rasi bintang Orion, titik radian hujan meteor Orionid. Kredit: Sky App Pro
Hujan meteor Orionid. Ya, itulah namanya. Hujan meteor ini bakal muncul di langit Indonesia (dan seluruh dunia) pada 22 Oktober 2014 mendatang.

Hujan meteor ini berasal dari puing-puing komet Halley yang memasuki atmosfer Bumi akibat dari orbit Bumi yang melintasi bekas jalur lintasan komet Halley.

Dapat diamati dengan mata telanjang di seluruh Indonesia, hujan meteor ini akan berintensitas sedang yakni 50-70 meteor per jam (ZHR).

Titik radiannya, rasi bintang Orion, paling mudah ditemukan sebab memiliki ciri-ciri bintang tiga sejajar seperti pada gambar di atas.

Follow Twitter @infoAstronomy untuk mendapatkan update terkini dari hujan meteor Orionid.
Perseid Telah Berlalu, Inilah Hujan Meteor Selanjutnya Perseid Telah Berlalu, Inilah Hujan Meteor Selanjutnya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/13/2014 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.