Kabar Mars Nampak Sebesar Bulan pada 27 Agustus Murni HOAX

Planet Mars nampak sebesar Bulan? Yakali....
Kabar Mars Nampak Sebesar Bulan pada 27 Agustus Murni HOAX
Pembohongan publik yang lemah ilmu sains.
Info Astronomy - Kebohongan sains menjijikan ini muncul kembali. Setelah tahun lalu --di momen yang sama-- kabar munculnya Planet Mars sebesar Bulan Purnama tersebar di sosial media.

Entah siapa yang memulai, para penyebar berita ini mengatakan biasanya seperti ini: "LIHAT MARS MUNCUL SEBESAR BULAN PURNAMA PADA 27 AGUSTUS! Akan sangat spektakuler! Hanya sekali seumur hidup!"

Kedengarannya memang luar biasa, bisakah itu mungkin saja benar?

Tentu saja, tidak bisa. Berita bohong (hoax) ini selalu muncul pada bulan Agustus sejak tahun 2003, sebelas tahun yang lalu. Kenapa kita ini? Kenapa kita mudah dibohongi?

Mars tidak akan pernah bisa muncul sebesar Bulan Purnama jika diamati dari Bumi. Bulan juga tidak dalam fase Purnama pada 27 Agustus 2014.

Diameter Mars di langit Bumi adalah sekitar 1/140 diameter Bulan Purnama. Itu artinya, butuh 140 Planet Mars secara berjejer untuk sediameter Bulan.

Planet Mars berada sangat jauh dari Bumi. Sangat jauh. Untuk ke sana, dengan teknologi kita saat ini, setidaknya membutuhkan 8 bulan hingga 1 tahun perjalanan.

Hal yang tidak mungkin terjadi adalah, Mars muncul sebesar Purnama. Apa yang bisa membuatnya begitu? Tidak ada. Ia akan tetap berada di orbitnya dan muncul bagai bintang kemerahan di langit Bumi.

Jadi, sudah sadar kalau Anda dibohongi orang-orang yang tak bertanggung jawab? Perbanyak belajar sains agar tidak mudah ditipu hal semacam ini.