Apa Jadinya Jika Nebula Orion Hanya Berjarak 4 Tahun Cahaya dari Bumi?

Apa Jadinya Jika Nebula Orion Hanya Berjarak 4 Tahun Cahaya dari Bumi?
Kredit: Riza Miftah Muharram, Info Astronomy
Info Astronomy - Messier 42, yang lebih dikenal sebagai Nebula Orion, terletak sekitar 1.344 tahun cahaya dari Bumi di lengan spiral galaksi Bima Sakti.

Nebula Orion sendiri cukup besar, berdiameter sekitar 40 tahun cahaya. Dalam astronomi, tahun cahaya adalah satuan jarak, bukan satuan waktu. 1 tahun cahaya sama dengan 9,4 triliun kilometer.

Dengan jarak yang amat jauh dari Bumi, Nebula Orion hanya terlihat bagai bintik merah muda di rasi bintang Orion.

Tapi bagaimana jika Nebula Orion berada pada jarak 4 juta tahun cahaya? Nebula ini akan mendominasi langit Bumi sepanjang hari!

Ilustrasi di atas merupakan gambaran jika Nebula Orion hanya berjarak 4 juta tahun cahaya dari Bumi. Dan GIF berikut ini juga menunjukan ilustrasi yang sama:



Warna pada foto Nebula Orion di atas ataupun yang tersebar di internet merupakan pewarnaan dari para astronom dari gelombang radio yang diterima.

Dan jika Nebula Orion benar-benar berada pada jarak 4 juta tahun cahaya dari Bumi, kita tidak akan melihat pemandangan se-spektakuler itu di langit.
Apa Jadinya Jika Nebula Orion Hanya Berjarak 4 Tahun Cahaya dari Bumi? Apa Jadinya Jika Nebula Orion Hanya Berjarak 4 Tahun Cahaya dari Bumi? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/27/2014 10:11:00 AM Rating: 5

1 komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.