2020, NASA Siap Daratkan Robot Lagi ke Planet Mars

2020, NASA Siap Daratkan Robot Lagi ke Planet Mars
Desain robot yang akan didaratkan di Planet Mars pada 2021. Kredit: NASA
Info Astronomy - Setelah sukses mendaratkan robot penjelajah Curiosity pada 6 Agustus 2012, NASA nampaknya belum puas. Mereka sedang menyiapkan robot penjelajah yang baru.

Wahana antariksa milik NASA yang direncanakan mendarat di Mars pada tahun 2021 akan berupaya untuk membuat oksigen di permukaan planet merah tersebut. Seperti apa?

Wahana antariksa berupa robot penjelajah bernama Mars 2020 itu akan membawa tujuh proyek yang diarahkan untuk merintis jalan bagi misi berawak ke Mars dengan mencari berbagai bukti kehidupan dan menyimpan sampel yang kelak dibawa kembali ke sana.

Salah satu proyek adalah peralatan yang bisa mengubah CO2, yang banyak di udara Mars yang tipis menjadi O2.

Hal tersebut akan bisa mendukung kehidupan manusia atau membuat bahan bakar untuk roket yang akan membawa pulang awak ruang angkasa.

Dengan bobot sekitar satu ton dan biaya US$2 miliar, robot penjelajah itu akan mengikuti desain robot penjelajah Curiosity.

Kemampuan memproduksi oksigen akan membantu ambisi untuk misi berawak ulang alik ke Mars karena membawa bahan bakar amat berat serta membutuhkan biaya yang mahal pula.

Wahana antariksa NASA lainnya sudah bisa memproduksi O2 dari CO2 namun peralatan baru, MOXIE, untuk pertama kalinya akan menguji kemampuannya di atmosfir Mars.
2020, NASA Siap Daratkan Robot Lagi ke Planet Mars 2020, NASA Siap Daratkan Robot Lagi ke Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/04/2014 01:52:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.