Wahana Antariksa Rosetta Potret Komet 67P pada Jarak Dekat

Komet 67P. Kredit: European Space Agency (ESA)
Info Astronomy - Lembaga Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) baru-baru ini mengirimkan wahana antariksa Rosetta untuk meneliti sebuah komet di alam semesta.

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda saat melihat foto komet di atas? Tidak percaya bahwa itu komet karena tidak memiliki ekor?

Sayangnya, itu benar-benar komet. Komet akan memiliki ekor saat ia berada dekat dengan Matahari. Semakin dekat, semakin panjang ekornya.

Dan saat ini, komet di atas --yang bernama komet 67P-- masih berada di jarak yang jauh dari Matahari kita. Terlihat pada citra di atas, komet 67P memiliki inti ganda.

"Inti komet 67P nampak ganda dan menyatu. Inti komet ini berukuran 4 x 3,5 kilometer," kata Emily Lakdawalla dari Planetary Society.

Wahana antariksa Rosetta akan melakukan pendekatan terdekatnya dengan komet ini pada tanggal 6 Agustus 2014 sedangkan komet ini akan mencapai perihelion --jarak teredekat dengan Matahari-- pada tahun 2015 mendatang.

Berikut ini adalah Vine yang merekam rotasi inti komet 67P: