Setelah Sahur, Yuk Amati Planet Venus dan Merkurius

Planet Venus dan Merkurius akan nampak bagai berlian di langit. Keren!
Setelah Sahur, Yuk Amati Planet Venus dan Merkurius
Letak Planet Venus dan Merkurius. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Setelah sahur mulai tanggal 19 Juli 2014, pastikan Anda untuk melihat ke arah Timur sekitar 75 sampai 60 menit sebelum Matahari terbit.

Planet Venus dan Merkurius akan muncul berdekatan di atas cakrawala Timur lokasi Anda. Venus akan nampak bagai bintang paling terang daripada bintang lain di sekitarnya, sedangkan Merkurius akan sedikit lebih kecil.

Untuk membedakan keduanya dari bintang-bintang di sekitar mereka adalah, cahaya Venus dan Merkurius tidak berkelap-kelip layaknya bintang, cahaya mereka akan seperti lampu yang tidak berkelap-kelip.

Anda tentu bisa melihat keduanya dengan atau tanpa alat bantu di seluruh wilayah Indonesia. Pastikan langit cerah dalam pengamatan.

Planet Venus masih bisa diamati 1 jam sebelum Matahari terbit hingga tanggal 20 Agustus 2014. Sedangkan Merkurius hanya bisa diamati hingga tanggal 22 Juli 2014.