Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Setahun dari Sekarang, Wahana Antariksa New Horizons sampai di Pluto

Setahun dari Sekarang, Wahana Antariksa New Horizons sampai di Pluto
Ilustrasi New Horizon bersama Pluto dan Charon. Kredit: NASA
Info Astronomy - New Horizons, adalah nama sebuah wahana antariksa tak berawak NASA yang dirancang untuk terbang melewati Pluto dan satelit-satelit alaminya.

New Horizons diharapkan akan dapat mengirimkan foto-foto Pluto dan satelit alaminya dari jarak dekat. Wahana ini memiliki berat sebesar hampir 500 kilogram.

New Horizons dijadwalkan akan melintasi seluruh bagian tata surya selama sembilan tahun sebelum terbang ke Pluto dan satelitnya, Charon, pada setahun dari sekarang, yakni Juli 2015.

Jika berhasil, New Horizons akan menjadi pesawat pertama yang mengunjungi planet tersebut. Di dalam New Horizons terdapat tujuh peralatan ilmiah yang dirancang untuk memberikan berbagai petunjuk mengenai keadaan permukaan Pluto, susunan dalam, serta atmosfernya.

Selain melintasi Pluto, para perencana misi ini juga berharap NASA menyetujui rencana penerbangan lanjutan melewati Objek Sabuk Kuiper (Kuiper Belt Object) dan mengirimkan data tambahan.

New Horizons awalnya direncanakan dapat diluncurkan pada 11 Januari 2006, namun ditunda hingga 17 Januari (lalu kemudian ditunda lagi hingga 19 Januari 2006) agar beberapa pengujian lanjutan dapat dilakukan terhadapnya. Peluncurannya dilaksanakan menggunakan sebuah roket Atlas V.

Fakta menarik
New Horizons merupakan wahana antariksa tercepat saat ini, 100 kali lebih cepat dari pesawat jet. Namun ia membutuhkan waktu 14 tahun (2006-2015) untuk sampai di Pluto. Terbayang dong betapa luasnya semesta ini?
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.