Sahur Sambil Observasi Hujan Meteor Alpha Cygnid

Sahur Sambil Observasi Hujan Meteor Alpha Cygnid
Rasi bintang Cygnus, titik radian hujan meteor Alpha Cygnid. Kredit: Stellarium. Info Astronomy.
Info Astronomy - Sebelum hujan meteor Delta Aquarid mencapai puncaknya, akan ada hujan meteor Alpha Cygnid yang menghiasi langit Bumi.

Hujan meteor Alpha Cygnid merupakan hujan meteor minor, yakni hujan meteor yang intensitasnya kecil.

Saat puncak hujan meteor Alpha Cygnid, setidaknya akan ada 1-5 meteor per jam saja. Hujan meteor ini bisa disaksikan dengan mata telanjang asalkan langit cerah.

Hujan meteor Alpha Cygnid sebenarnya sudah muncul dari awal Juli hingga akhir Agustus mendatang, namun puncaknya adalah tanggal 21 Juli 2014. Bisa diamati mulai tengah malam sampai Matahari terbit.

Summer Triangle
Peristiwa hujan meteor Alpha Cygnid akan muncul di rasi bintang Cygnus. Rasi bintang ini akan berada di langit Utara pada pukul 00:00 waktu setempat tanggal 21 Juli 2014.

Yang menarik adalah, rasi bintang Cygnus memiliki salah satu bintang anggota Summer Triangle, yakni bintang Deneb.

Summer Triangle adalah formasi bintang Altair (rasi bintang Aquila), Vega (rasi bintang Lyra) dan Deneb (rasi bintang Cygnus) yang membentuk segitiga. Uniknya, ini hanya bisa diamati saat musim panas.

Untuk mengamati hujan meteor Alpha Cygnid, Anda bisa menghadap ke Summer Triangle ini. Selamat mengamati!
Sahur Sambil Observasi Hujan Meteor Alpha Cygnid Sahur Sambil Observasi Hujan Meteor Alpha Cygnid Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/20/2014 12:56:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.