Mengenal Triton, Satelit Alami Terbesar Milik Planet Neptunus

Mengenal Triton, Satelit Alami Terbesar Milik Planet Neptunus
Triton. Kredit: NASA
Info Astronomy - Triton adalah satelit alami terbesar planet Neptunus dan dikenal memiliki permukaan terdingin di tata surya, yaitu sekitar 34,5 K.

Diyakini bahwa Triton awalnya adalah objek sabuk Kuiper yang terperangkap oleh gravitasi Neptunus.

Sabuk Kuiper adalah sabuk asteroid kedua yang berada di luar orbit Neptunus. Pluto dan Eris merupakan contoh dari objek sabuk Kuiper.

Pada tanggal 25 Agustus 1989, pesawat ruang angkasa Voyager 2 melintas dekat Neptunus dan berhasil mengambil gambar resolusi tinggi dari Triton.

Foto di atas adalah salah satu foto resolusi tinggi benda tata surya yang berhasil diambil, dan akan tetap demikian sampai pesawat ruang angkasa New Horizons mencapai Pluto pada tahun 2015.

Triton juga mungkin menjadi satu-satunya obyek sabuk Kuiper yang berhasil difoto pada resolusi ini hingga tahun 2015.

Mengenal Triton, Satelit Alami Terbesar Milik Planet Neptunus
Kredit: Wikimedia Commons, Info Astronomy, Riza
Triton memiliki diameter 2.700 km atau sekitar 78% ukuran bulan. Triton merupakan salah satu dari “tujuh besar” satelit di tata surya, bersama Ganymede dan satelit besar lainnya.

Satelit ini memiliki orbit retrograde, yang berarti mengorbit “dengan arah yang salah,” sehingga membuatnya diduga kuat sebagai objek sabuk Kuiper yang terperangkap.

Neptunus memiliki satelit lebih sedikit dibandingkan dengan planet gas raksasa lainnya. Triton memiliki permukaan khas yang mirip melon dan terdiri dari es kotor dan dingin.

Triton serupa dalam hal ukuran dan komposisi dengan Pluto, dengan warna terang dan tidak terlalu banyak terdapat kawah.

Objek tata surya ini mungkin terbentuk sangat jauh dari Matahari. Permukaannya memiliki berbagai pegunungan, yang tercipta selama siklus pencairan dan pembekuan bergantian.

Triton memiliki es di kutubnya. Permukaannya nampak sangat terang karena memantulkan 60-95% cahaya yang mengenainya, dibandingkan dengan bulan yang hanya memantulkan 10% cahaya.

Jika semisal Triton menggantikan Bulan kita di langit Bumi, maka malam hari akan sepuluh kali lebih terang dibandingkan sekarang!
Mengenal Triton, Satelit Alami Terbesar Milik Planet Neptunus Mengenal Triton, Satelit Alami Terbesar Milik Planet Neptunus Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/08/2014 01:06:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.