Saran pencarian

Mencari Kehidupan Cerdas Luar Bumi dari Polusi Planet Mereka

Mencari Kehidupan Cerdas Luar Bumi dari Polusi Planet Mereka
Mencari Kehidupan Cerdas Luar Bumi dari Polusi Planet Mereka
Ilustrasi planet berpenghuni dengan polusi di atmosfernya. Kredit: Christine Pulliam (CfA)
Info Astronomy - Manusia memasuki masa-masa di mana kita mampu mendeteksi tanda-tanda kehidupan kehidupan lain di luar Bumi.

Dengan mempelajari atmosfer planet ekstrasurya --planet lain yang berada di luar tata surya kita-- kita bisa mencari gas seperti oksigen dan metana yang hanya muncul jika di planet tersebut ada kehidupannya.

Namun, gas tersebut berasal dari bentuk kehidupan sederhana seperti mikroba. Bagaimana dengan kehidupan dengan peradaban yang maju? Apakah mereka meninggalkan tanda-tanda?

Mungkin saja iya, jika mereka melontarkan polusi industri ke atmosfer planet mereka. Penelitian baru di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CFA) menunjukkan bahwa kita bisa melihat polutan tertentu di planet lain.

Ini akan menawarkan pendekatan baru dalam pencarian makhluk cerdas luar Bumi. Henry Lin, adalah mahasiswa Harvard dan penulis utama studi tersebut. Lin mengatakan:
Kami menganggap polusi industri sebagai tanda kehidupan cerdas, dan mungkin peradaban yang lebih maju dari kita. Kita akan mulai mempertimbangkan polusi sebagai tanda kehidupan cerdas.

Asisten penulis di Harvard, Avi Loeb menambahkan:
Orang sering menganggap alien sebagai 'makhluk botak hijau kecil,' tetapi alien yang terdeteksi dengan metode ini tidak boleh diberi label 'hijau' karena mereka tidak ramah lingkungan.

Tim peneliti mengatakan bahwa James Webb Space Telescope (JWST) bakal mampu mendeteksi dua jenis chlorofluorocarbons (CFC) --bahan kimia perusak ozon yang digunakan dalam pelarut dan aerosol.

Sebuah peradaban yang sangat maju mungkin sengaja mencemari atmosfer ke tingkat tinggi dan untuk menghangatkan planet mereka.

Ada satu peringatan besar untuk pekerjaan ini. JWST hanya dapat mendeteksi polutan di sebuah planet mirip Bumi yang mengitari sebuah bintang katai putih.

Studi ini telah diterima untuk publik dalam The Astrophysical Journal dan tersedia secara online.

Masih ragu dengan keberadaan makhluk luar Bumi? Anda telah menghambat diri Anda sendiri untuk berpikir maju.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.