IAU Mengundang Anda untuk Memberi Nama Planet Ekstrasurya

Ilustrasi planet ekstra surya --planet yang berada di luar tata surya kita. Kredit: IAU
Info Astronomy - Sejak awal abad ke-20, sebuah lembaga bernama International Astronomical Union (IAU) telah menjadi lembaga resmi yang berhak menamakan objek-objek alam semesta kita.

Menanggapi khalayak umum, IAU kini mengadakan kontes kepada seluruh orang di Bumi untuk ikut menamai planet ekstra surya --planet yang berada di luar tata surya kita-- beserta bintang induknya.

IAU mengundang klub astronomi dan organisasi non-profit untuk menyerahkan nama-nama yang diusulkan. Masyarakat dunia dapat mengusulkan nama melalui platform web NameExoWorlds.

Platform web ini sedang dikembangkan oleh IAU dalam hubungan dengan Zooniverse. Tujuannya adalah agar jutaan orang di seluruh dunia dapat mengambil bagian dalam pemungutan suara.

Setelah suara dihitung, nama-nama pemenang akan secara resmi disetujui oleh IAU, yang memungkinkan IAU memberikan nama tersebut untuk sebuah planet ekstra surya dan bintang induknya.

Mulai bulan Maret 2015 mendatang, masyarakat dunia sudah mulai bisa mengusulkan nama. IAU dan Zooniverse akan siap untuk menangani jutaan atau lebih usulan nama dari seluruh dunia.

Hasilnya akan diumumkan pada upacara umum khusus diadakan selama IAU XXIX General Assembly di Honolulu, Amerika Serikat, pada 3 hingga 14 Agustus 2015.

1. Solomon's Wisdom