Mulai Malam Ini, Yuk Amati Hujan Meteor Delta Aquarid

Fireball --meteor terang saat hujan meteor terjadi. Kredit: Mike Lewinski
Info Astronomy - Peristiwa langit memang selalu ditunggu-tunggu para pengamat langit, salah satunya peristiwa hujan meteor.

Peristiwa hujan meteor yang bakal terjadi dalam waktu dekat adalah hujan meteor Delta Aquarid Selatan (biasa disebut Delta Aquarid saja).

Delta Aquarid adalah hujan meteor yang memiliki intensitas 15-20 meteor per jam. Jumlahnya cukup banyak sehingga rugi untuk dilewatkan.

Hujan meteor berasal dari pecahan komet Marsden dan Kracht. Orbit Bumi melintasi pecahan orbit komet ini sehingga pecahannya masuk ke atmosfer Bumi dan terbakar menjadi meteor.

Tenang saja, meteor yang masuk ke atmosfer Bumi ukurannya hanya sebutir pasir dan seluruh pecahan ini akan habis terbakar di udara sebelum menabrak Anda di permukaan Bumi.

Cara mengamati
Hujan meteor Delta Aquarid akan muncul dari rasi bintang Aquarius. Rasi bintang ini (saat puncaknya) akan terbit di langit Timur dan akan bergerak semu ke Barat hingga Matahari terbit esok hari.

Hujan Meteor Delta Aquarid Bakal Muncul di Hari Raya Idul Fitri
Letak rasi bintang Aquarius. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Karena rasi bintang Aquarius sudah terbit pada pukul 21:00 waktu setempat daerah Anda, maka hujan meteor Delta Aquarid sudah bisa diamati.

Namun hujan meteor lebih bagus diamati saat langit sudah benar-benar gelap. Jadi, direkomendasikan untuk menonton hujan meteor ini mulai tengah malam sampai Matahari terbit.

Hujan meteor Delta Aquarid sebenarnya sudah bisa diamati sejak awal Juli kemarin hingga awal Agustus mendatang. Namun baru mencapai puncaknya pada 27, 28 dan 29 Juli 2014 yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri.

Peristiwa ini tidak berbahaya sama sekali dan dianjurkan mengamatinya dengan mata telanjang. Tentunya bisa diamati di seluruh Indonesia dengan syarat langit cerah.