Hari Ini 10 Tahun Cassini di Orbit Planet Saturnus

Hari Ini 10 Tahun Cassini di Orbit Planet Saturnus
Perayaan 10 tahun Cassini di Saturnus. Kredit: NASA
Info Astronomy - Hari ini 10 tahun yang lalu, wahana antariksa Cassini berhasil memasuki sistem Saturnus, dan telah mengirimkan banyak foto Saturnus dan satelit-satelit alaminya sejak satu dekade lalu.

Dengan Cassini, para astronom telah belajar lebih banyak tentang musim di salah satu satelit alami Saturnus yang bernama Titan dan meneliti fenomena aurora di Saturnus.

Cassini telah mengirim lebih dari 332.000 foto untuk para astronom di Bumi. Selain itu, lebih dari 3.000 karya ilmiah telah dihasilkan.

Selama satu dekade juga, Cassini telah mengorbit Saturnus 206 kali, mengumpulkan 514 GB data, dan menemukan 7 satelit alami baru Saturnus.

Wahana antariksa Cassini akan terus beroperasi hingga tahun 2017 mendatang. Sebelumnya, ia pernah dibebas tugaskan pada tahun 2008, namun NASA menambah masa kerjanya.

Selamat bertugas, Cassini!
Hari Ini 10 Tahun Cassini di Orbit Planet Saturnus Hari Ini 10 Tahun Cassini di Orbit Planet Saturnus Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/01/2014 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.