Bumi Berada di Jarak Terjauh dari Matahari

Bumi Berada di Jarak Terjauh dari Matahari
Jarak terjauh Bumi dari Matahari. Kredit: NASA
Info Astronomy - Dalam orbitnya mengelilingi Matahari, Bumi akan sampai pada titik terjauh dari Matahari --atau yang disebut aphelion dalam astronomi.

Jarak Bumi dari Matahari bervariasi selama setahunnya karena orbit Bumi sedikit berbentuk elips. Pada tanggal 4 Juli 2014 pukul 7:14 WIB dengan jarak 1,02 SA atau 152 juta km Bumi berada di jarak terjauh dari Matahari.

Bumi Berada di Jarak Terjauh dari Matahari
Ilustrasi jarak terjauh (kiri) dan terdekat (kanan) dari Matahari. Kredit: Space.com
Karena berada di jarak terjauh, Matahari akan terlihat sedikit lebih kecil di langit atas kepala. Bumi juga menerima radiasi sedikit lebih kecil dari Matahari. Sedikit lebih kecil.

Namun tidak akan ada hubungannya dengan cuaca. Musim panas tahun ini di Indonesia tetaplah menjadi musim panas.

Perubahan tahunan dalam cuaca antara musim panas dan musim dingin disebabkan sepenuhnya oleh kemiringan sumbu rotasi Bumi, bukan oleh perubahan jarak dari Bumi ke Matahari.

Fakta menarik
Sejak Anda membaca artikel ini dari awal, Anda telah bergerak sejauh kira-kira 18.000 kilometer di luar angkasa dengan kendaraan antariksa bernama Bumi.
Bumi Berada di Jarak Terjauh dari Matahari Bumi Berada di Jarak Terjauh dari Matahari Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/03/2014 10:07:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.