Anticrepuscular Rays, Peristiwa Langit Terbelah yang Biasa

Anticrepuscular Rays, Peristiwa Langit Terbelah yang Biasa
Peristiwa ketika langit terlihat terbelah. Kredit: Hilman Jaeni
Info Astronomy - Pagi ini kami mendapat kiriman foto langit terbelah dari daerah Bandung, Jawa Barat oleh Hilman Jaeni di Twitter.

Menanggapi hal tersebut, kami kira menarik untuk diulas sebenarnya peristiwa apakah yang terjadi. Membahayakan? Tanda bencana? Tentu tidak. Ini hanya peristiwa biasa.

Sebagian orang mungkin beranggapan kalau foto di atas adalah hasil editan atau kreasi Photoshop. Namun, ternyata tidak.

Walaupun terlihat sangat spektakuler, peristiwa di atas adalah sebuah peristiwa yang sudah dikenal di dunia sains dan bahkan memiliki penjelasan yang cukup sederhana.

Peristiwa itu disebut Anticrepuscular Rays. Untuk memahami soal Anticrepuscular Rays, terlebih dahulu kita harus memahami soal saudaranya yang bernama Crepuscular Ray.

Crepuscular Ray adalah suatu peristiwa alam ketika cahaya Matahari terlihat beradiasi dari satu titik tertentu.

Radiasi cahaya ini bisa terjadi karena cahaya Matahari masuk melewati celah-celah di antara awan atau objek lain dan biasanya terlihat menjelang Matahari terbit atau tenggelam.

Crepuscular Ray ini juga dikenal dengan sebutan Sun Rays atau Gods Rays. Ini contoh peristiwanya:

Anticrepuscular Rays, Peristiwa Langit Terbelah yang Biasa
Crepuscular Rays di Amsterdam, Belanda. Kredit: C./Doswell
Jadi, apa itu Anticrepuscular Rays?

Seperti Crepuscular Rays, Anticrepuscular Rays adalah berkas sinar yang mirip dengan Crepuscular, namun terlihat berada di tempat yang berlawanan dari Matahari.

Cahaya ini terjadi ketika Crepuscular Ray yang muncul dari Matahari terbit atau tenggelam terlihat mengalami konvergensi ulang di Titik Antisolar --titik langit yang berlawanan dengan arah Matahari.

Jika Anda bingung dengan definisi di atas, ingat saja ini: peristiwa di atas juga terjadi karena sinar Matahari terhalang oleh awan atau objek lainnya seperti Crepuscular Rays.

Namun, ia terlihat di arah yang berlawanan dengan Matahari. Sama seperti Crepuscular Rays, peristiwa ini juga sering terlihat ketika Matahari terbit atau tenggelam.

Penulis: Meri Ana
Editor: Riza Miftah Muharram
Anticrepuscular Rays, Peristiwa Langit Terbelah yang Biasa Anticrepuscular Rays, Peristiwa Langit Terbelah yang Biasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/19/2014 02:02:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.