Untuk Pertama Kalinya, Astronot di ISS Bikin Kopi di Luar Angkasa

Untuk Pertama Kalinya, Astronot di ISS Bikin Kopi di Luar Angkasa
'ISSpresso', sebutan untuk kopi pertama yang dibuat di luar angkasa ini. Kredit: ISS Research
Info Astronomy - International Space Station (ISS), sebuah satelit buatan manusia terbesar di orbit Bumi yang ditinggali 6 astronot akan memiliki kedai kopi sendiri.

Kedai kopi tersebut terealisasikan setelah merek kopi Italia Lavazza meluncurkan 'ISSpresso', mesin kopi pertama yang dibangun khusus untuk digunakan di luar angkasa.

Untuk Pertama Kalinya, Astronot di ISS Bikin Kopi di Luar Angkasa
Mesin pembuat kopi ISSpresso dari Lavazza. Kredit: Lavazza
Jangan berpikir bahwa para astronot meminum kopi seperti halnya di Bumi; memakai cangkir. Mereka akan meminum kopi hangat dengan cara menyedotnya dari plastik yang disebut pouch seperti pada gambar pertama di atas.

Para astronot di ISS dapat memilih jenis kopi seperti espresso dan caffe lungo, serta mampu membuat berbagai macam minuman panas termasuk teh, infus dan kaldu.

Mesin kopi ISSpresso adalah hasil kerja sama Lavazza dengan perusahaan pengembang alat elektronik Argotec.

ISSpresso disebut-sebut menjadi mesin kopi yang paling maju di dunia. Hal tersebut diklaim karena ISSpresso mampu menahan tekanan 400 bar di ISS.

Untuk Pertama Kalinya, Astronot di ISS Bikin Kopi di Luar Angkasa
Cara kerja ISSpresso. Kredit: Lavazza
ISSpresso diluncurkan ke ISS pada bulan November 2013 bersama dengan Samantha Cristoforetti, seorang astronot wanita pertama Italia yang bertugas di ISS.

Mesin kopi tersebut akan membentuk ruangan baru di ISS, yakni kedai kopi atau ruang mengopi di mana astronot akan dapat bercengkrama dan bersantai di ketinggian 370 km di atas permukaan Bumi.
Untuk Pertama Kalinya, Astronot di ISS Bikin Kopi di Luar Angkasa Untuk Pertama Kalinya, Astronot di ISS Bikin Kopi di Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/16/2014 09:00:00 AM Rating: 5

1 komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.