Setahun di Planet ini 29 Juta Hari di Bumi

Ilustrasi planet GU Psc b. Kredit: Lucas Granito
Info Astronomy - Sebuah planet ekstrasurya (planet yang berada di luar tata surya kita) bernama GU Psc b sedang diteliti para astronom baru-baru ini.

Yang menarik adalah, jika di Bumi 1 tahunnya ada 365 hari, di planet ekstrasurya GU Psc b ini setahunnya adalah 29 juta hari di Bumi.

Planet ekstrasurya ini merupakan planet gas, memiliki massa 9 kali massa Jupiter. Terletak 155 tahun cahaya di konstelasi Pisces.

Penyebab setahunnya begitu lama adalah planet GU Psc b mengorbit bintang induknya atau Mataharinya pada jarak 2.000 kali jarak Bumi-Matahari yakni sekitar 300.000.000.000 km.

Planet ekstrasurya ini ditemukan oleh Marie-Eve Naud, astronom University of Montreal, dan tim internasional melalui metode pencitraan langsung.

Hasil pencitraan langsung sistem keplanetan GU Psc. Kredit: NASA
"Kami mengamati lebih dari 90 bintang dan hanya menemukan 1 planet, menurut saya ini adalah keunikan astronomi," kata Naud dalam press release-nya di arXiv.

Mengamati planet tidak langsung memungkinkan menentukan massanya. Sebaliknya, Naud dan rekan menggunakan model teoritis evolusi planet untuk menentukan karakteristiknya.

Spektrum cahaya GU Psc b diperoleh dari Gemini Observatory di Hawaii Utara untuk mengukur suhu sekitar 800 derajat Celcius.
Setahun di Planet ini 29 Juta Hari di Bumi Setahun di Planet ini 29 Juta Hari di Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/16/2014 02:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.