Robot Curiosity Menyelesaikan 1 Tahun Mars di Planet Merah

Robot penjelajah Curiosity melakukan selfie di lokasi bernama Windjana. Kredit: NASA/JPL
Info Astronomy - Robot penjelajah Curiosity milik Lembaga Antariksa AS (NASA) yang saat ini berada di permukaan Mars telah menyelesaikan 1 tahun Mars --atau sama dengan 687 hari Bumi-- pada tanggal 24 Juni 2014.

Curiosity sudah mencapai tujuan utama misi yakni menentukan apakah Mars pernah menjadi lingkungan yang menguntungkan bagi kehidupan mikroba atau tidak. Jawabannya: pernah.

Salah satu temuan utama pertama Curiosity setelah mendarat di Planet Merah pada 6 Agustus 2012 adalah sungai kuno di lokasi pendaratannya.

Di dekatnya, di daerah yang dikenal sebagai Yellowknife Bay, Curiosity telah meneliti Kawah Gale yang diprediksi pernah menampung air yang banyak pada tempo dulu.

Curiosity akan terus beroperasi di Planet Mars hingga tahun 2016 mendatang. Diprediksi saat itu bahan bakar nuklirnya akan habis dan Curiosity akan mati.

Robot penjelajah Curiosity menggunakan kamera bernama MAHLI di ujung lengan robotiknya pada bulan April dan Mei 2014 untuk mengambil puluhan gambar yang setelah itu digabungkan menjadi foto selfie di atas.

Selamat bertugas, Curiosity!