Pluto Bakal Kembali Dikategorikan Sebagai Planet

Pluto Bakal Kembali Dikategorikan Sebagai Planet
Kredit: Mathia Pedersen
Info Astronomy - Seorang astronom Inggris, Nick Howes, mengatakan bahwa Pluto seharusnya dikategorikan kembali sebagai Planet. Hal itu ia ungkapkan melalui halaman Facebook-nya.

Menurut laporan dari Scientific American dengan beberapa penemuan terkini yang diperloreh dari data Teleskop Antariksa Hubble menunjukan bahwa status Pluto memang seharusnya adalah 'Planet'.

Apa saja alasan Pluto harus dikategorikan kembali sebagai Planet? Ini yang kami dapatkan:

Turun Pangkat
Pada tahun 2006, International Astronomical Union (IAU) resmi menurunkan pangkat Pluto menjadi 'Planet katai/kerdil'.

IAU merupakan sebuah lembaga internasional yang berhak memberi nama atau status pada obyek langit di seluruh alam semesta.

Namun saat itu, IAU juga mendapat tentangan banyak astronom. Mereka tidak setuju dengan keputusan IAU yang menurunkan pangkat Pluto tersebut.

Satelit Alami
Pluto yang saat ini dikategorikan sebagai Planet Katai nyatanya memiliki 5 satelit alami yang mengorbitnya. Sedangkan Bumi yang dikategorikan sebagai Planet hanya memiliki 1, yang bernama Bulan.

Pada awal penemuannya, Pluto hanya memiliki 1 satelit alami yang bernama Charon. Namun semakin berkembangnya teknologi hasilnya kita telah menemukan 4 satelit alami lainnya yang bernama Nix, Hydra, Styx dan Kerberos.

Ukuran
Pluto merupakan obyek yang paling besar dalam daftar Planet Katai yang terletak di belakang orbit Neptunus. For your info, diameter Pluto tidak lebih besar daripada Rusia.

Pada tahun 2005 silam, ketika Eris ditemukan, banyak astronom yang mengira Eris mungkin memiliki ukuran yang sama dengan Pluto bahkan lebih besar dari Pluto.

Namun, setelah pengamatan lebih jauh, sekarang jelas Eris tidaklah sebesar yang disangka sebelumnya, dan Pluto kini tetap objek yang paling besar di dalam daerah nun jauh di belakang Neptunus.

Atmosfer
Ya, Pluto memiliki atmosfer! Meskipun terbilang aneh, tetapi hakikatnya adalah Pluto tetap memiliki sebuah lapisan atmosfer tipis yang terdiri dari gas metana.

Sesuatu keadaan yang dapat dianggap agak janggal jika ia dimasukkan ke dalam kelompok Planet Kerdil. Jadi, haruskah ia naik pangkat lagi?

Kita tunggu saja hingga wahana antariksa New Horizon yang bakal sampai di orbit Pluto pada tahun 2015 mendatang. Wahana tersebut akan membantu kita membuka rahasia-rahasia Pluto yang masih misterius!
Pluto Bakal Kembali Dikategorikan Sebagai Planet Pluto Bakal Kembali Dikategorikan Sebagai Planet Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/10/2014 02:58:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.