Planet Ekstrasurya Terdekat Bumi Ini Mungkin Mendukung Kehidupan

Planet Ekstrasurya Terdekat Bumi Ini Mungkin Mendukung Kehidupan
Ilustrasi wujud planet ekstrasurya Gliese 832 c. Kredit: PHL @ UPR Arecibo, NASA Hubble, Stellarium
Info Astronomy - Sebuah planet ekstrasurya baru saja ditemukan. Menurut penelitian, planet ini mampu mendukung adanya kehidupan lain luar Bumi.

Tim astronom internasional menemukan planet ekstrasurya ini di "zona layak huni" bintang Gliese 832. Zona layak huni adalah di mana jarak planet dengan bintangnya membuat planet dapat mempertahankan air cair di permukaannya.

Planet ekstrasurya yang dinamai Gliese 832c, terletak hanya 16 tahun cahaya atau sama dengan sekitar 151 triliun kilometer dari Bumi. Ia merupakan planet ekstrasurya terdekat dengan Bumi kita.

Gliese 832c masuk kategori "Bumi-super", ini karena ukuran planet tersebut setidaknya lima kali lebih besar sebagai planet Bumi. Ia mengorbit bintang induknya setiap 36 hari.

Bintang induk planet ekstrasurya Gliese 832c adalah katai merah yang lebih redup dan lebih dingin dari matahari kita, jadi Gliese 832c menerima energi sebanyak bintang seperti yang Bumi teruma.

Sebuah tim yang dipimpin oleh Robert Wittenmyer dari University of New South Wales di Australia, menemukan Gliese 832c dengan mengamati gangguan gravitasi di bintang induknya.

Planet Ekstrasurya Terdekat Bumi Ini Mungkin Mendukung Kehidupan
Perbandingan planet Gliese 832c dengan planet Bumi kita. Kredit: PHL @ UPR Arecibo
Tim astronom melihat getaran dalam data yang dikumpulkan oleh tiga instrumen terpisah, yakni dari University College London Echelle Spectrograph pada Teleskop Anglo-Australia di Australia, Carnegie Planet Finder Spectrograph pada teleskop Magellan II di Chili dan High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher (HARPS) di La Silla Observatory di Chile.

Gliese 832c adalah planet kedua yang ditemukan di sekitar bintang Gliese 832. Sebelumnya, Gliese 832b, ditemukan pada tahun 2009. Ia merupakan planet gas yang mengorbit bintang induknya setiap 1 tahun Bumi.

Mungkinkah ada kehidupan di sana? Planet ekstrasurya ini masih diteliti lebih lanjut oleh Robert Wittenmyer dan rekan-rekannya.
Planet Ekstrasurya Terdekat Bumi Ini Mungkin Mendukung Kehidupan Planet Ekstrasurya Terdekat Bumi Ini Mungkin Mendukung Kehidupan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/26/2014 09:51:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.