NASA Berhasil Uji Coba 'Piring Terbang' untuk ke Planet Mars

NASA Berhasil Uji Coba 'Piring Terbang' untuk ke Planet Mars
Ilustrasi uji coba. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pada tanggal 28 Juni 2014, Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil uji coba sebuah piring terbang --namun lebih mirip donat-- yang nantinya digunakan untuk ke Planet Mars.

Piring terbang yang dinamakan Low-Density Supersonic Decelerator (LDSD) ini diuji coba di lepas pantai Pacific Missile Range Facility milik Angkatan Laut AS di Kauai, Hawaii.

LDSD diluncurkan dengan balon antariksa pada pukul 11:45 WIB, selanjutnya pada 14:05 WIB LDSD dilepaskan dari balon lalu meluncur jatuh dengan mesin yang telah dirancang.

Balon antariksa mengantarkan LDSD pada ketinggian 120.000 meter di atas Samudera Pasifik sebelum dijatuhkan.

Pengambilan LDSD dari samudra Pasifik setelah dijatuhkan dari langit. Kredit: NASA
Sebuah perisai berbentuk donat dan parasut besar dibuka untuk memperlambat kecepatan piring terbang tersebut sebelum mendarat di Samudera Pasifik.

Diharapkan sistem ini akan memungkinkan pesawat antariksa yang lebih berat dan bahkan astronot untuk mendarat di Mars.

Peluncuran yang dilakukan dari Hawai sempat tertunda enam kali bulan ini karena angin kencang. Uji coba ini merupakan yang pertama dari tiga uji coba yang direncanakan untuk proyek LDSD.
NASA Berhasil Uji Coba 'Piring Terbang' untuk ke Planet Mars NASA Berhasil Uji Coba 'Piring Terbang' untuk ke Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/30/2014 04:16:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.