NASA Bakal Rancang Starship Seperti di Film Star Trek

Model starship yang akan dirancang NASA. Kredit: NASA
Info Astronomy - Misi perjalanan antarbintang di jagad raya nampaknya bukan sekadar fiksi ilmiah di film Star Trek saja.

Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) belum lama ini mengungkapkan desain pesawat antariksa (Starship) dengan gaya Star Trek, yang mampu menjelajah antarbintang di alam semesta dalam waktu yang singkat.

Pesawat yang dinamakan IXS Enterprise itu nantinya diproyeksikan bisa menjelajah bintang lain seperti Alpha Centauri, dalam tempo 2 pekan saja, tak sampai berbulan-bulan apalagi tahunan.

Kecepatan starship itu diharapkan bisa 'lebih cepat dari cahaya'. Model desain starship ini dibuat oleh Dr Harold White, seorang peneliti NASA bersama timnya.

Kunci teknologi kecepatan starship itu berkat aplikasi teori Alcubierre Warp Drive yang diusulkan fisikawan Meksiko, Minguel Alcubierre.

Teori ini mengusulkan peregangan gelombang ruang angkasa yang menyebabkan struktur ruang angkasa di bagian depan starship menyusut, sedangkan struktur yang sama di belakang starship diperluas.

Dengan skema ini maka starship dapat melesat gelombang ruang angkasa itu untuk digunakan memacu kecepatan tinggi dalam penjelajahan alam semesta.

White mengatakan teknologi pada starship itu akan berjalan secara halus. Ia mengakui penelitiannya itu memang masih tergolong skala kecil dan masih jauh dari kemampuan jelajah dari starship seperti USS Enterprise.

Tapi bukan berarti White mengalah. Guna membuat mimipi untuk jadi nyata, White telah membangun peta jalan dengan tonggak penting yang diperlukan sampai menuju kesuksesan misi perjalanan antarbintang. Sebagai bahan pijakan, White yakin teknologi itu memungkinkan diuji di Bumi.

Kemudian, tambah dia, langkah yang selanjutnya yang harus ditempuh yakni penggunaan teknologi ini untuk mempersingkat misi penjelajahan ruang angkasa.

Desain starship ala Star Trek yang dibesut White bersama timnya itu, dilengkapi dua cincin besar di bagian depan dan belakang.

Cincin bagian depan diproyeksikan sebagai jembatan bagi kru starship yang akan melakukan operasi sedangkan cincin bagian belakang berfungsi sebagai area kargo untuk penyimpan energi.

Sedangkan bagian tengah starship terdapat sebuah pasangan seperti kapsul. Bagian ini berfungsi menciptakan lengkungan gelembung. Dan bagian ini akan dilepaskan saat starship melesat dengan cepat.

Model starship yang lebih efisien menjadi kebutuhan eksplorasi di masa depan. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) bekerja sama dengan NASA, Icarus Interstellar, dan Foundation for Enterprise Development tengah melaksanakan proyek pesawat tuang angkasa 100 tahun.

Proyek ini bertujuan untuk mendukung eksplorasi antarbintang pada tahun 2112. Salah satu teknologi yang dipertimbangkan dalam penjelajahan luar Tata Surya itu yakni efisiensi waktu jelajah.

Guna mensukseskan proyek itu, NASA menggelontorkan dana US$100.000 dan DARPA berkontribusi US$1 juta.

1. Mantapp.. Tapi lama sekali nunggu tahun 2112. (=|