LAPAN: Meteor yang Melintasi Jabodetabek Kemarin Sore Hanya Pesawat

Meteor yang Melintasi Jabodetabek Kemarin Sore Hanya Pesawat
Foto zoom-in dari meteor yang melintasi Jabodetabek kemarin sore (8/6). Kredit: Marifka Wahyu Hidayat
Info Astronomy - Sesaat setelah adzan Maghrib pada Minggu, 8 Juni 2014 sebuah obyek yang terlihat seperti meteor melintasi langit Jabodetabek.

Analisa pertama dari obyek tersebut adalah berasal dari asteroid kecil atau sampah antariksa yang masuk ke atmosfer Bumi tanpa terdeteksi sebelumnya.

Namun, Kepala Lembaga Antariksa Indonesia (LAPAN) Thomas Djamaludin menyatakan bahwa "meteor" tersebut hanyalah jejak asap sebuah pesawat.

"Seusai Maghrib tadi saya ditelepon Elshinta dan mendengarkan penjelasan pendengar tentang objek seperti meteor. Kabarnya banyak tempat yang melihatnya." jelas Thomas di akun Facebook-nya.

"Saya katakan kemungkinan meteor atau sampah antariksa, kalau memang terlihat dari banyak tempat karena kalau benar meteor atau sampah antariksa obyeknya pada ketinggian sekitar 80-100 km.

"Tetapi maghrib tadi tidak ada sampah antariksa yang jatuh. Seteleh melihat foto di Tempo, saya yakin itu bukan meteor.

"Itu jejak kondensasi pesawat terbang yang terbang tinggi sehingga gas buangnya terkondensasi kemudian mendapatkan penyinaran matahari yang merah saat terbenam. Maka terlihat mengagetkan seolah jejak bola api meteor."

Thomas juga membenarkan keberadaan asteroid sebesar 3x Patung Liberty yang melintasi Bumi pada 8 Juni 2014. Namun, ujarnya, asteroid itu terlalu kecil untuk dilihat dengan kasat mata. "Menggunakan teleskop tampaknya kecil, apalagi dengan menggunakan mata telanjang," ucapnya.

Astronom Ma'rufin Sudibyo menambahkan bahwa obyek mirip meteor tersebut merupakan pesawat Boeing 737-900 Lion Air LNI 372 rute Jakarta-Batam.

Cara mengidentifikasi obyek di langit
Klik gambar untuk memperbesar
NASA meliris gambar cara mengidentifikasi cahaya di langit melalui Astronomy Picture of the Day (APOD) pada 9 Juni 2014.

Apa cahaya di langit barusan? Mungkin itulah salah satu pertanyaan yang pertama kali diucapkan seseorang saat melihat sesuatu yang aneh di langit, jawabannya bisa Anda temukan pada foto di atas.

Sebagai contoh: apakah benda itu bergerak dan berkedip? Jika demikian, dan jika Anda tinggal di kota, jawabannya adalah biasanya sebuah pesawat terbang, karena pesawat yang bergerak dan berkedip (saat malam).

Jika bergerak namun tidak berkedip dan tanpa ekor, bisa jadi itu adalah Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang melintasi langit daerah Anda.

Masih belum yakin? Potret dan kirimkan ke akun Twitter kami @infoAstronomy. Kami akan bantu identifikasi benda tersebut.
LAPAN: Meteor yang Melintasi Jabodetabek Kemarin Sore Hanya Pesawat LAPAN: Meteor yang Melintasi Jabodetabek Kemarin Sore Hanya Pesawat Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/09/2014 12:20:00 PM Rating: 5

2 komentar

  1. Menarik. aku juga kebetulan ngeliat meteor ini kemarin sore. Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah samaan, aku juga liat. di daerah tangerang.

      Hapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.