Matahari Erupsi, Angin Surya Raksasa Diletupkan

Matahari Erupsi, Angin Surya Raksasa Diletupkan
Letupan Matahari dipotret satelit SOHO di orbit Matahari. Kredit: NASA
Info Astronomy - Tengah malam pada 28 Juni 2014 waktu Indonesia, serangkaian coronal mass ejection raksasa meletup di kutub Utara Matahari kita.

Solar & Heliospheric Observatory (SOHO) milik NASA yang bertugas memantau Matahari merekam dan meneliti erupsi besar Matahari ini. Lihat rekamannya di sini.

Lokasi erupsi berada di sisi jauh Matahari, sehingga angin surya yang diletupkan tidak menuju ke Planet Bumi. Bumi aman.

Jika angin surya tersebut menuju Bumi, maka dapat menyebabkan gangguan sinyal GPS dan membuat aurora muncul di kedua kutub Bumi kita.

Angin surya tidak akan membakar Bumi dikarenakan Bumi memiliki lapisan atmosfer yang berlapis-lapis dan sanggup melindungi seluruh penghuninya. Bersyukurlah.
Matahari Erupsi, Angin Surya Raksasa Diletupkan Matahari Erupsi, Angin Surya Raksasa Diletupkan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/28/2014 08:33:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.