Malam Ini Puncak Hujan Meteor June Bootid

Hujan meteor. Kredit: Jim McCormack
Info Astronomy - Satu lagi fenomena astronomi menarik pada bulan Juni 2014 akan terjadi malam ini. Apakah itu?

Hujan meteor June Bootid, nama fenomena itu, akan memuncak pada Jum'at (27/6/2014) hingga Sabtu (28/6/2014) tengah malam. Intensitasnya 5-10 meteor per jam.

Hujan meteor ini memiliki radian di rasi bintang Bootes yang berada di langit belahan utara. Rasi bintang Bootes akan muncul di langit tengah arah utara pada mulai pukul 20:00 waktu setempat malam ini (27/6).

Hujan meteor ini sebenarnya sudah dimulai sejak 22 Juni 2014 lalu, tetapi baru akan mencapai puncaknya malam ini. Setelah itu, hujan meteor ini masih bisa disaksikan hingga 2 Juli 2014 mendatang.

Letak rasi bintang Bootes malam ini. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Induk kemunculan hujan meteor June Bootid adalah Komet 7P/Pons-Winnecke yang mengorbit Matahari setiap sekitar 6 tahun. Bumi melewati wilayah di mana terdapat puing-puing komet ini sehingga hujan meteor pun terjadi.

Meteor dalam hujan meteor June Bootid adalah meteor yang lambat geraknya. Kecepatan gerak meteor "hanya" sekitar 18 km per detik.

Hujan meteor ini sebenarnya paling baik dilihat di lintang utara Bumi, tetapi wilayah lintang selatan pun masih bisa melihat. Dengan begitu, seluruh Indonesia dapat mengamatinya.

Untuk melihatnya, cukup pergi ke tempat yang gelap (jauh dari lampu kota) dan lapang malam ini, sekitar setelah Matahari tenggelam hingga lewat tengah malam.

Tak perlu teleskop, hujan meteor bisa disaksikan dengan mata telanjang, cukup mengarahkan pandangan ke langit arah utara. Dan bersabarlah. Menggunakan kursi santai sambil menghadap langit lebih bagus.

Bawalah bekal makanan dan minuman hangat serta mengamati beramai-ramai dengan teman akan lebih mengasyikkan. Tak lupa, mengenakan baju hangat agar pengamatan hujan meteor tak berbuah sakit di esok hari.