Lihat Jupiter, Mars dan Saturnus Secara Bersamaan Malam Ini

Letak Jupiter, Mars dan Saturnus malam ini. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Sebuah pemandangan indah bakal menghiasi langit malam pada 5 Juni 2014. Tiga planet tata surya akan muncul secara bersamaan beberapa menit setelah Matahari terbenam atau saat langit sudah gelap.

Ketiga planet tersebut adalah planet Jupiter, Mars dan Saturnus. Anda dapat mengamati semuanya dengan mata telanjang atau dengan teleskop. Bagaimana caranya?

Planet Jupiter di langit Barat saat senja
Planet Jupiter begitu terang dan indah pada bulan Juni 2014. Ia adalah salah satu obyek langit malam yang paling terang. Tidak ada bintang yang terangnya mengalahkan Jupiter.

Jupiter muncul di Barat beberapa menit setelah Matahari terbenam pada awal Juni, dan satu jam setelah itu ia bakal terbenam di langit Barat akibat gerak semu harian.

Anda dapat mengamati planet Jupiter dengan atau tanpa alat bantu. Jika diamati dengan mata saja maka Jupiter akan nampak bagai bintang kuning dengan cahaya konstan.

Planet Mars di langit atas kepala
Selain Jupiter, Mars juga tampak terang dan indah sepanjang Juni 2014. Mars berada di oposisi pada tanggal 8 April 2014, dan paling dekat dengan Bumi pada 14 April.

Untuk menemukan planet Mars, carilah rasi bintang Virgo. Saat ini Planet Merah berada di rasi bintang tersebut. Mars nampak kemerahan dengan cahaya tidak berkelap-kelip.

Anda pasti mudah menemukannya. Sekitar 30 menit setelah Matahari terbenam, letak Mars ada di langit atas kepala.

Planet Saturnus di rasi bintang Libra
Bumi lewat di antara Saturnus dan Matahari pada Mei 2014, peristiwa tersebut menempatkan Saturnus di titik berlawanan dengan Matahari di langit kita.

Dengan begitu, saat Matahari terbenam sang Planet Cincin baru saja terbit di langit Timur. Saturnus bakal muncul sepanjang malam selama Juni 2014.

Anda tidak akan menemukan cincin Saturnus jika mengamati lewat mata telanjang. Namun dengan teleskop, pemandangan akan spektakuler!

Untuk mengetahui letak benda-benda langit secara real-time silakan unduh aplikasi peta langit di sini.