Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

FOTO: Kecilnya Planet Venus Dilihat dari Orbit Bumi

FOTO: Kecilnya Planet Venus Dilihat dari Orbit Bumi
FOTO: Kecilnya Planet Venus Dilihat dari Orbit Bumi
Pemandangan dari orbit Bumi. Kredit: NASA [lihat foto lebih besar]
Info Astronomy - Sebuah pemandangan langka berhasil dipotret salah satu astronot misi Ekspedisi 40 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 25 Juni 2014.

Foto di atas merupakan foto konjungsi Bulan, Venus dan gugus bintang Pleiades. Namun yang paling menarik perhatian adalah planet Venus.

Venus terlihat kecil dilihat dari orbit Bumi padahal diameternya 12.092 km atau 650 km lebih kecil dari Bumi. Mengapa demikian?

Hal tersebut dikarenakan jarak Venus-Bumi sangat jauh. Jarak tersebut bervariasi, tergantung dari letak mereka di tata surya karena keduanya saling mengorbit Matahari.

Perkiraan jarak terdekat antara Venus dan Bumi adalah 38 juta kilometer sedangkan jarak terjauhnya adalah sekitar 261 juta kilometer.

Jika kita melihat planet Venus bagai bintang kuning dari orbit Bumi, sebaliknya jika kita melihat Bumi dari orbit Venus akan terlihat bagai bintang biru cemerlang.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.