Cantiknya Pesona Nebula Jam Pasir

Cantiknya Pesona Nebula Jam Pasir
Citra Nebula Jam Pasir (MyCn 18). Kredit: NASA Hubble
Info Astronomy - Nebula Jam Pasir atau yang juga dikenal sebagai MyCn 18 adalah nebula planeter muda yang terletak di selatan rasi bintang Musca yang berjarak sekitar 8.000 tahun cahaya dari Bumi.

Nebula ini ditemukan oleh Annie Jump Cannon dan Margaret Mayall selama mereka bekerja pada katalog Draper Henry. Katalog tersebut dibuat antara 1918 sampai 1924.

Pada saat itu, Nebula Jam Pasir ditetapkan hanya sebagai nebula planeter kecil lemah. Teleskop jauh lebih baik dan teknik pencitraan memungkinkan bentuk jam pasir dari nebula ditemukan oleh Raghvendra Sahai dan John Trauger dari Jet Propulsion Laboratory pada tanggal 18 Januari 1996.

Diduga bahwa bentuk jam pasir MyCn 18 ini diproduksi oleh ekspansi angin bintang yang cepat dalam awan perlahan-lahan berkembang yang padat dekat khatulistiwa daripada kutub.

Sedangkan, pembentukan bentuk "mata" pada pusat belum sepenuhnya dipahami. Nebula Jam Pasir di atas difoto oleh Wide Field and Planetary Camera 2 dari Teleskop Ruang Angkasa Hubble.
Cantiknya Pesona Nebula Jam Pasir Cantiknya Pesona Nebula Jam Pasir Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/02/2014 10:21:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.