Bulan Purnama Muncul Malam Ini dan Bakal Terlihat Besar

Bulan 'hampir' Purnama pada 11 Juli 2014. Kredit: Irawan Pujirestyan
Info Astronomy - Bersiaplah untuk kejutan dari satu-satunya satelit alami milik Bumi ini, ia akan terlihat lebih besar dari biasanya malam ini atau yang disebut "Supermoon".

Bulan akan mencapai fase penuh (Bulan Purnama) malam ini. Bulan Purnama pada Juli 2014 ini menjadi "Supermoon" pertama dari daftar 3 "Supermoon" musim panas ini.

Seperti pada saat Bulan Purnama lainnya, kenampakan Bulan akan lebih terang daripada fase lainnya, dan Bulan juga akan terlihat sepanjang malam karena Bulan berada di seberang Matahari.

Pada saat saat Bulan mencapai fase penuh, ia akan terletak pada deklinasi -17°01' di rasi bintang Sagittarius, sehingga akan terbit saat Matahari terbenam dan akan terbenam saat Matahari terbit esok hari.

Fase Bulan Purnama akan terjadi pada pukul 18:52 WIB senja ini (12/7). Saat itu jarak Bulan dari Bumi adalah sekitar 358.000 km.

Bulan Purnama dapat diamati dengan mata telanjang atau dengan teleskop jika Anda ingin melihat kawah-kawah Bulan yang tak kasat mata.

Jangan lupa potret Bulan Purnama malam ini di daerah Anda lalu unggah ke akun Twitter kami @infoAstronomy dengan tagar #BulanPurnama.

Selamat mengamati!
Bulan Purnama Muncul Malam Ini dan Bakal Terlihat Besar Bulan Purnama Muncul Malam Ini dan Bakal Terlihat Besar Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/12/2014 09:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.