Aurora Ungu-Hijau Memukau di Langit Kanada

Aurora Ungu-Hijau Memukau di Langit Kanada
Aurora ungu hijau di Kanada. Kredit: Paul Zizka
Info Astronomy - Sebuah pemandangan indah berupa aurora dengan warna ungu-hijau muncul di langit malam Kanada pada 8 Juni 2014 pukul 4:00 dinihari waktu Kanada.

Tepatnya di sungai Bow, Taman Nasional Banff, Kanada. Paul Zizka, adalah fotografer untuk pemandangan aurora menakjubkan di atas.

Zizka memotret aurora ungu-hijau ini menggunakan kamera Canon EOS 5D Mark III, eksposur: 10/1, f/2.8, ISO 1600.

Peristiwa aurora merupakan gejala alam berupa pacaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer Bumi.

Aurora muncul akibat interaksi antara medan magnetik Bumi dengan partikel bermuatan yang dilontarkan Matahari kita.

Proses terjadinya aurora ini, karena ion mengalami penumbukkan terhadap angin Matahari dan partikel magnetosfer yang disalurkan sepanjang garis magnet di Bumi.

Karena yang berperan adalah medan magnet, maka dari itu aurora hanya muncul di kutub Utara dan kutub Selatan Bumi. Sedangkan Indonesia berada di ekuator, menyebabkan aurora tidak akan muncul di langit Bumi Pertiwi.

Proses terjadinya aurora menimbulkan cahaya berwarna yang merupakan hasil dari partikel dan atom berbeda yang mengalami benturan.

Warna aurora ungu di atas disebabkan oleh partikel dari Matahari yang membentur oksigen, sedangkan warna hijau karena membentur molekul nitrogen di atmosfer.
Aurora Ungu-Hijau Memukau di Langit Kanada Aurora Ungu-Hijau Memukau di Langit Kanada Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/09/2014 03:19:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.