Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Asteroid Sebesar Tiga Kali Patung Liberty Lintasi Bumi 8 Juni

Asteroid Sebesar Tiga Kali Patung Liberty Lintasi Bumi 8 Juni
Asteroid Sebesar Tiga Kali Patung Liberty Lintasi Bumi 8 Juni
Ilustrasi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Masih ingat dengan peristiwa meledaknya meteor di Kota Chelyabinsk, Rusia pada Februari 2013?

Peristiwa tersebut menghancurkan jendela pada 7.200 bangunan di enam kota di Rusia dan melukai sekitar 1.500 orang. Meteor yang meledak tersebut diperkirakan berdiameter 20 meter.

Meteor yang meledak di Chelyabisk tahun lalu tersebut berasal dari batu luar angkasa alias asteroid yang berhasil memasuki atmosfer Bumi kita.

Akhir pekan ini, sebuah asteroid yang 10 kali lebih besar akan memintas diam-diam di orbit Bumi, untungya asteroid ini pada jarak yang aman dengan Bumi sehingga tidak akan ada tabrakan.

Asteroid ini ditemukan pada 23 April 2014 dan dijuluki asteroid "Beast". Ini adalah peringatan bahwa kita hidup di tempat aman namun ekstrim di tata surya di mana banyak asteroid yang siap membombardir permukaan Bumi.

Nama asteroid yang akan memintas ini adalah 2014 HQ124, berukuran sekitar 325 meter. Ia akan berjarak 3,3 kali jarak Bumi-Bulan dengan kecepatan 14 km/detik pada tanggal 8 Juni 2014.

Daya ledak asteroid 2014 HQ124 ini adalah 2000 megaton TNT atau 100 kali lebih besar dari ledakan bom Hiroshima & Nagasaki.

Jika asteroid ini mencium Bumi, maka dapat membentuk kawah selebar 5 kilometer atau dapat meluluh lantakan Jakarta-Bandung secara bersamaan.

Namun tidak perlu khawatir, dalam rilis NASA dijelaskan bahwa walaupun asteroid ini berbahaya ia tidak akan menabrak Bumi saat perlintasan dekatnya.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

5 komentar

  1. untung gak mencium bumi :)
  2. untung saja enggak nabrak bumi, coba aja kalau nabrak bumi. Pasti udah kaya kiamat kecil...
  3. Ternyata bener, tadi sore saya ngeliat langsung..
  4. tadi sore saya liat juga
  5. di bogor jg keliatan..
Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.