20 Juni, Hari Ini Summer Solstice 2014

20 Juni, Hari Ini Summer Solstice 2014
Ilustrasi posisi Bumi saat Summer Solstice. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Posisi Matahari setiap hari berubah-ubah relatif terhadap bintang latar belakang. Akibatnya kita sering melihat Matahari bulan ini berada di Rasi A, pada bulan berikutnya sudah berubah lagi di Rasi B. Dan gerakan ini memiliki keteraturan.

Gerak Matahari di sepanjang tahun ini mengikuti pola garis yang disebut garis ekliptika. Si garis ekliptika ini juga memotong garis ekuator langit yang memotong bola langit menjadi dua bagian belahan utara dan belahan selatan.

Dalam pergerakannya mengikuti garis ekliptika, Matahari akan bergerak melintasi titik perpotongan garis ekliptika dan ekuator langit yang disebut titik equinox.

Setelah melewati titik Equinox, Matahari akan bergerak menjauh ke arah Utara atau Selatan. Pada Bulan Maret, Matahari akan berada pada titik Vernal Equinox yaitu titik yang dilewati matahari dalam perjalanannya dari selatan ke utara langit.

Setelah melewati titik Vernal Equinox, Matahari akan bergerak ke utara langit sampai kemudian di bulan Juni ia akan berada pada titik terjauhnya di Utara atau yang juga dikenal sebagai titik balik musim panas.

Pada saat titik balik musim panas atau yang disebut Summer Solstice, Matahari akan berada pada posisi terjauhnya di atas khatulistiwa yakni lintang 23º 27’ LU.

Titik Summer Solstice merupakan titik paling Utara yang dicapai Matahari dalam gerak tahunannya antara 23 September – 21 Juni ketika Matahari bergeser ke arah utara.

Di tahun 2014 ini, Summer Solstice akan terjadi pada tanggal 21 Juni 17.51 WIB untuk masyarakat Indonesia.

Setelah sore hari nanti, Matahari akan bergerak dari Utara ke Selatan dan akan melintasi titik equinox pada bulan September sebelum kemudian ia akan mencapai titik paling selatan atau titik balik musim dingin pada Desember nanti.

Summer Solstice juga sekaligus menandai dimulainya musim panas di belahan Bumi utara dan dimulainya musim dingin di belahan Bumi Selatan.

Istilah Summer Solstice ini memang lebih dikenal karena keberadaan Matahari di titik paling utara menandai berlangsungnya siang yang panjang di belahan utara atau malam terpendek sepanjang tahun.

Pada saat itu, Matahari tidak akan terbit tepat di timur tapi agak lebih ke utara dari arah timur dan akan terbenam juga lebih ke utara dari arah barat.

Tapi bagi masyarakat belahan selatan, keberadaan Matahari di atas khatulistiwa merupakan Winter Solstice atau titik balik musim dingin yang menandai peralihan musim gugur ke musim dingin dan mereka akan mengalami hari terpanjang sepanjang tahun.

Pada saat Summer Solstice, Matahari akan tampak berada pada perbatasan rasi Taurus dan Gemini, karena Matahari akan tampak bergerak ke rasi Gemini.

Tapi ketika rasi-rasi bintang diberi nama, ketika Matahari di titik paling utara, ia berada di rasi Cancer sehingga titik tersebut juga dikenal sebagai Tropic of Cancer.

Fakta menarik
Saat Summer Solstice, Matahari tidak akan terbenam di kutub Utara. Matahari hanya akan berputar-putar saja di langit. Sedangkan di kutub Selatan, Matahari tidak akan terbit. Hal ini terjadi hingga bulan September.
20 Juni, Hari Ini Summer Solstice 2014 20 Juni, Hari Ini Summer Solstice 2014 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/21/2014 08:45:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.