Matahari, Bumi dan Saturnus Segaris Lurus di Tata Surya Malam Ini

Matahari, Bumi dan Saturnus Segaris Lurus di Tata Surya Malam Ini
Bumi diamati dari Saturnus, kenampakan Bumi berupa titik biru di bawah kanan gambar. Kredit: NASA
Info Astronomy - Malam ini akan menjadi waktu yang sangat bagus untuk mengamati Planet Saturnus. Planet bercincin ini bakal berada di rasi bintang Libra selama beberapa hari kedepan.

Di mana pun Anda selama ada di Bumi, Anda akan melihat Saturnus di langit atas kepala Anda pada sekitar tengah malam waktu setempat.

Saturnus akan berada pada jarak yang terdekat dengan Bumi pada tanggal 11 Mei 2014 pukul 01:15 WIB. Peristiwa ini disebut Oposisi Saturnus, di mana Matahari-Bumi-Saturnus berada dalam 1 garis lurus.

Karena mencapai jarak terdekat dengan Bumi, Satunus akan terlihat lebih terang cahayanya dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Namun, walaupun berada dalam jarak terdekat, kenampakan Saturnus hanya akan menyerupai bintang kuning kecil (tanpa cincin) jika dilihat dengan mata telanjang.

Ini dikarenakan jarak terdekat Bumi-Saturnus adalah 8,90 SA, dengan 1 SA setara 150 juta kilometer. Diameter Saturnus jika diamati dengan mata hanya 18,7 arcsec dengan magnitudo semu 0,8.

Pemandangan Saturnus diamati lewat teleskop. Kredit: Rima Karimah

Lain halnya jika Saturnus diamati lewat teleskop. Cincin hingga detil atmosfernya dapat teramati. Tentu dengan langit yang cerah juga.

Jika Anda berniat untuk mengamati planet Saturnus malam ini, planet cincin ini sudah bisa diamati di langit Timur pada pukul 18:00 waktu setempat.

Tentu kita sudah paham, bahwa karena rotasi Bumi, maka Saturnus akan bergerak semu ke Barat hingga pukul 6:00 waktu setempat.

Selamat mengamati!
Matahari, Bumi dan Saturnus Segaris Lurus di Tata Surya Malam Ini Matahari, Bumi dan Saturnus Segaris Lurus di Tata Surya Malam Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/10/2014 01:47:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.