Lihat Planet Mars di Sebelah Bulan pada Malam 5-6 Juli 2014

Lihat Planet Mars di Sebelah Bulan pada Malam 5-6 Juli 2014
Letak Bulan dan Mars pada tanggal 5 & 6 Juli di zenith. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Seperti yang terlihat pada simulasi letak Bulan dan Planet Mars menggunakan Stellarium di atas, pada malam 5 & 6 Juli 2014 kedua obyek tersebut bakal bersebelahan dalam pandangan dari Bumi.

Di Indonesia, kita hanya akan melihat kedua obyek ini bersebelahan. Namun, yang sebenarnya terjadi adalah peristiwa okultasi Mars oleh Bulan.

Dalam astronomi, peristiwa okultasi mirip dengan gerhana. Bedanya, yang digerhanai adalah obyek langit seperti planet dan bintang oleh Bulan.

Dengan begitu, Bulan akan lewat di depan Mars. Peristiwa okultasi Mars ini hanya dapat diamati di Meksiko, wilayah Timur Amerika, dan seluruh negara di benua Amerika Selatan.

Di Indonesia, Bulan dan Mars akan mulai terlihat pada sekitar 18:00 waktu setempat, saat itu mereka terletak 87° di atas cakrawala Barat Anda (di atas kepala).

Mars dan Bulan akan dapat diamati hingga pukul 00:00 waktu setempat saat mereka sudah terbenam di langit Barat.

Pada saat pendekatan terdekat, Bulan akan bersinar di magnitudo -11,9, dan Mars di magnitudo -0.4, keduanya berada di rasi bintang Virgo.

Karena bukan okultasi, maka disebut konjungsi. Peristiwa konjungsi Bulan dan Mars ini terjadi dua malam (5-6/7) dan Anda dapat mengamatinya dengan mata telanjang.

Namun, jika diamati dengan mata, kenampakan Mars akan menyerupai bintang kemerahan yang tidak berkelap-kelip. Cukup terang saat berada di sebelah Bulan.

Walaupun dikatakan bersebelahan, yang terjadi sebenarnya hanya kedudukannya saja yang bersebelahan. Untuk jaraknya, amat sangat jauh dari kata dekat.

Selamat mengamati!
Lihat Planet Mars di Sebelah Bulan pada Malam 5-6 Juli 2014 Lihat Planet Mars di Sebelah Bulan pada Malam 5-6 Juli 2014 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/05/2014 10:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.