Kenali Lebih Dekat Bintang Kembar Matahari Kita

Citra bintang kembaran Matahari. Kredit: NASA Hubble
Info Astronomy - Para astronom telah menemukan bintang yang mirip dengan Matahari kita tapi jauh lebih tua. Bintang langka ini dikenal sebagai "Kembaran Matahari" dan dapat memberikan pandangan seperti apa Matahari kita 4 miliar tahun kedepan.

Bintang ini dinamakan HIP 102152. Bintang ini sangat mirip dalam karakteristik dasarnya dengan Matahari melebihi bintang lain yang sudah dikenal.

Namun mereka beda usia. Usia Matahari baru 4,6 miliar tahun, sedangkan HIP 102152 berusia 8,2 milyar tahun sehingga dia menjadi bintang mirip Matahari pada tahap yang sangat berbeda dari kehidupan bintang.

HIP 102152 terletak pada jarak sekitar 250 tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang Capricornus, dan diamati melalui Very Large Telescope (VLT) milik European Southern Observatory (ESO) di Chile.

"Selama beberapa dekade, astronom telah mencari kembaran Matahari untuk mengetahui lebih banyak tentang Matahari," kata pemimpin penelitian Jorge Melendez dari Universida de São Paulo Brasil dalam sebuah pernyataan.

"Tetapi hanya sedikit bintang seperti ini yang ditemukan sejak penemuan pertama pada tahun 1997. Kita sekarang telah memperoleh spektrum yang luar biasa berkualitas dari VLT dan dapat meneliti kembaran Matahari in idengan presisi ekstrim."

Penemuan bintang ini membantu memecahkan misteri lama tentang matahari: Mengapa begitu sedikit mengandung lithium?

Salah satu elemen yang paling dasar pada tabel periodik, lithium diciptakan di Big Bang, bersama dengan hidrogen dan helium.

Komposisi bintang biasanya mencerminkan kelimpahan unsur-unsur pada material dari mana bintang terbentuk. Tapi Matahari hanya mengandung 1% dari lithium yang hadir di awan gas yang melahirkannya.

Ternyata HIP 102152 memiliki lithium yang bahkan kurang dari Matahari. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa bintang-bintang muda mengandung lebih banyak lithium daripada bintang-bintang yang lebih tua.

Tetapi penemuan HIP 102152 telah memungkinkan para ilmuwan untuk merumuskan hubungan yang jelas antara usia dan kandungan lithium pada bintang yang mirip Matahari.

Penelitian baru juga memunculkan berita gembira lainnya yang menarik tentang HIP 102152 yang menunjukkan bintang ini bahkan lebih mirip Matahari daripada tampaknya.

Para astronom juga mempelajari bahwa planet berbatu mirip Bumi mungkin mengorbit bintang HIP 102152. Dan kemungkinan mendukung kehidupan.

Penemuan ini telah diterbitkan dalam Astrophysical Journal Letters.