Saran pencarian

Hujan Meteor Eta Aquarid Mencapai Puncaknya 5-7 Mei 2015

Hujan Meteor Eta Aquarid Muncul Akhir Pekan Ini
Hujan Meteor Eta Aquarid: Info dan Preview
Hujan meteor Eta Aquarid 5 Mei 2013 di Gunung Bromo, Indonesia. Kredit: Justin Ng
Info Astronomy - Awal bulan Mei 2015 ini bakal terasa spesial, sebab kita semua akan disambut sebuah peristiwa bernama hujan meteor Eta Aquarid.

Tahun lalu intensitas hujan meteor Eta Aquarid berkisar antara 10 hingga 20 meteor per jamnya. Dengan ada 2 meteor per lima menit.

Hujan meteor Eta Aquarid tahun 2015 ini diprediksikan akan menghasilkan jumlah terbesar dari meteor saat tengah malam hingga sebelum fajar pada hari Selasa, tanggal 6 Mei.

Namun, puncak dari hujan meteor Eta Aquarid berlangsung saat dinihari mulai tanggal 5 hingga 7 Mei. Indonesia menjadi salah satu lokasi terbaik untuk mengamati hujan meteor ini.

Hujan meteor Eta Aquarid muncul di rasi bintang Aquarius. Rasi bintang tersebut terbit di langit Timur pada saat tengah malam dan akan terus bergerak semu ke Barat hingga fajar tiba.

Tidak akan ada dampak negatif bagi Bumi dengan adanya peristiwa ini. Hujan meteor terjadi karena Bumi melintasi puing-puing (debris) sebuah komet yang pernah melintasi Bumi sebelumnya.

Sabarlah saat mengamati hujan meteor. Karena hujan meteor tidak seperti hujan air yang datang keroyokan. Berbaring di kursi santai sambil mengamati langit adalah cara pengamatan terbaik.

Setidaknya, mata Anda harus menatap langit selama 20 menit untuk beradaptasi dengan langit malam. Jika tidak menemukan meteor padahal Anda tidak sabaran, itu kesalahan Anda sendiri.

Anda tidak memerlukan peralatan khusus untuk menonton hujan meteor, cukup dengan mata telanjang dan menyiapkan cemilan sudah bagus.

Selamat mengamati!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

2 komentar

  1. Can't wait for that! Makasih infonya. :like:
  2. 7-10 mei apa masih bisa dilihat min?
Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.