Galaksi M77: Obyek Tercantik di Alam Semesta

Galaksi M77: Obyek Tercantik di Alam Semesta
Galaksi M77. Kredit: NASA, ESA
Info Astronomy - Galaksi spiral M77 (Messier 77) terletak hampir 47 juta tahun cahaya ke arah konstelasi aqua Cetus. 1 tahun cahaya setara dengan 9,4 triliun kilometer.

Pada jarak yang diperkirakan tersebut, obyek alam semesta tercantik ini terbentang sekitar 100 ribu tahun cahaya. Betapa luasnya galaksi cantik ini.

M77 juga dikenal sebagai NGC 1068, pusatnya yang padat dan sangat terang telah dipelajari dengan baik oleh para astronom yang menyelidiki misteri lubang hitam supermasif di galaksi Seyfert yang aktif.

M77 juga terlihat pada X-ray, ultraviolet, infra merah dan panjang gelombang radio. Akan tetapi gambar tampak tajam berdasarkan data Hubble ini mengikuti lengan spiral berliku yang ditelusuri oleh awan debu buram dan bintang kemerahan yang membentuk wilayah di dekat pusat galaksi yang bercahaya.

Messier 77 ditemukan oleh Pierre Méchain tahun 1780, yang awalnya menyebut sebagai nebula. Pada awal penemuan, pengidentifikasian galaksi masih sangat sukar.

Méchain kemudian memberitahukan penemuannya ini kepada Charles Messier, yang kemudian memasukkannya ke dalam katalognya.

Baik Messier dan William Herschel menyebut galaksi ini sebagai gugus bintang. Namun sekarang objek ini dikenal sebagai galaksi.
Galaksi M77: Obyek Tercantik di Alam Semesta Galaksi M77: Obyek Tercantik di Alam Semesta Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/12/2014 02:39:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.