FOTO: Bima Sakti di Langit Riau

FOTO: Bima Sakti di Langit Riau
Foto bentangan galaksi Bima Sakti di Riau, Indonesia. Kredit: Abu Yahya Jamali
Info Astronomy - Kiriman foto bentangan galaksi Bima Sakti kami terima pagi ini di akun Twitter @infoAstronomy.

Bagaimana mungkin Bima Sakti terlihat dari Bumi padahal kita berada di Bima Sakti? Analoginya adalah, kita bisa melihat dinding rumah padahal kita berada di dalam rumah.

Foto galaksi Bima Sakti di atas diambil di langit Duri, Riau, Indonesia oleh astrofotografer Abu Yahya Jamali saat beliau sedang berkunjung ke lokasi tersebut.

Galaksi Bima Sakti selalu muncul tiap malam, namun untuk mengamatinya diperlukan langit yang bebas dari polusi cahaya dan polusi udara. Daerah perkotaan jangan harap untuk melihatnya.

Biasanya galaksi Bima Sakti juga tidak bisa dilihat dengan kasat mata, perlu alat fotografi dan teknik fotografi yang mumpuni untuk mendapatkan foto Bima Sakti seperti di atas.

Namun jika Anda berada di daerah pegunungan atau pedesaan yang minim cahaya, Anda bisa menyaksikan Bima Sakti langsung dengan mata di langit.

Yang Anda lihat di langit memang bukan semacam pita putih jelas seperti di foto-foto. Bima Sakti terlihat seperti sebuah pita samar melengkung seperti awan (tapi tidak benar-benar seperti awan).

Tidak ada yang tahu bahwa 'pita putih' itu terdiri dari bintang-bintang sampai Galileo menemukan melalui teleskopnya pada 1609.

Pengertian Bima Sakti sendiri sebenarnya membingungkan. Apakah digunakan dalam pengertian aslinya untuk menyebut pita putih yang melengkung di langit, atau mengacu pada galaksi di mana Matahari berada.
FOTO: Bima Sakti di Langit Riau FOTO: Bima Sakti di Langit Riau Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/24/2014 08:57:00 AM Rating: 5

1 komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.