Deneb, Bintang Terjauh yang Masih Terlihat Mata

Deneb, Bintang Terjauh yang Masih Terlihat Mata
Bintang Deneb. Kredit: NASA
Info Astronomy - Deneb atau biasa juga disebut Alpha Cygni adalah salah satu bintang paling jauh yang dapat dilihat tanpa menggunakan alat bantu. Itu disebabkan karena bintang ini termasuk bintang paling terang di galaksi Bima Sakti.

Pada hasil penelitian, bintang ini memiliki jarak dengan Bumi yang berubah-ubah, dengan data terakhir (2012) menunjukkan bahwa bintang ini berada pada jarak 1.550 tahun cahaya dan pernah mendekat mencapai 1.340 tahun cahaya, kemudian menjauh sampai pada jarak 1.840 tahun cahaya.

Bintang ini terletak di konstelasi Cygnus. Berapa pun jaraknya, ketika kita menatap Deneb, kita akan tahu bahwa kita sedang menatap ruang dengan jarak ribuan tahun cahaya.

Deneb juga sangat cerah dan berenergi. Di antara 20 bintang paling terang, hanya Rigel di Orion yang melampaui Deneb dalam kecerahan intrinsik.

Deneb masuk dalam kelas bintang A2Ia yang artinya dia adalah bintang putih panas (A2) dan bintang maharaksasa (Ia).

Ilustrasi perbandingan Matahari dengan Deneb. Kredit: Universe Today
Berdasarkan temperatur dan kecemerlanganannya, bintang Deneb diperkirakan memiliki diameter 200 kali lebih besar daripada Matahari.

Dan jika diletakkan di tengah tata surya kita, maka bintang ini akan mencapat orbit Bumi. Bintang ini juga memiliki kecerahan sekitar seperempat juta kali lebih terang dalam cahaya tampak.

Alpha Cygni merupakan bintang super raksasa biru keputihan dengan tipe A2Ia, dengan temperatur sekitar 8,400-9000 Kelvin (sekitar 14.800 hingga 15.700 derajat F).

Deneb bukan bintang terbesar di galaksi Bima Sakti, karena ada bintang Betelgeuse dan Antares yang lebih besar.

Tapi Deneb mungkin menjadi yang paling berenergi (berdasarkan jumlah radiasi elektromagnetik yang dihasilkan) dari bintang tipe A.

Cara melihat Deneb
Bintang super raksasa biru keputihan Deneb adalah bintang paling terang ke 20 di langit, dengan magnitudo 1.25.

Ia adalah bintang paling jauh jika dilihat tanpa menggunakan alat bantu. Anda dapat melihat bintang ini dimulai pada akhir musim semi, ketika Deneb terbit di atas cakrawala Timur Laut pada tengah malam.

Sebulan kemudian, Deneb sudah di langit pada saat hari gelap. Dalam waktu standar, tanggal puncak munculnya bintang ini adalah sekitar 1 Agustus.
Deneb, Bintang Terjauh yang Masih Terlihat Mata Deneb, Bintang Terjauh yang Masih Terlihat Mata Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/19/2014 02:34:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.