Bersiaplah Amati Komet K1 PanSTARRS!

Bersiaplah Amati Komet K1 PanSTARRS!
Komet C/2012 K1 PanSTARRS. Kredit: Adam Block
Info Astronomy - Masih ingat dengan komet C/2011 L4 PanSTARRS yang muncul pada Maret 2013 silam? Tahun ini, ada komet PanSTARRS yang lain!

Bernama C/2012 K1 PanSTARRS. Siapkan teleskop Anda untuk mengamati komet ini, sebab magnitudo semunya cukup redup untuk diamati dengan mata saja.

Saat ini komet K1 PanSTARRS berada di konstelasi Boötes dan telah mencapai magnitudo semu +8. Anda dapat mengamatinya di langit Utara, dengan teleskop.

Komet K1 PanSTARRS bakal mencapai jarak terdekatnya dengan Matahari pada 27 Agustus 2014. Saat itu, jaraknya adalah 1,056 SA (Satuan Astronomi). 1 SA sama dengan 150 juta kilometer.

Ditemukan pada 19 Mei 2012 melalui fasilitas Panoramic Survey Telescope and Rapid Response System (PanSTARRS) di pulau Maui, Hawaii, komet K1 PanSTARRS berada di jarak 8,7 SA.

Menurut data dari Minor Planet Center, komet K1 PanSTARR akan mencapai magnitude +7 pada pertengahan Oktober 2014, ketika berada 75 derajat dari Matahari.

Ini mungkin terlihat dengan mata telanjang bagi pengamat langit yang berpengalaman, tapi akan jauh lebih mudah untuk diamati lewar teropong atau teleskop.

Komet ini sukar diamati di Indonesia untuk saat-saat sekarang ini, karena ia berada di langit Utara. K1 PanSTARRS tidak akan membawa dampak negatif ke Bumi, ia hanya akan melintas tanpa menabrak planet tercinta kita.

Ikuti terus perkembangan info komet K1 PanSTARRS di Info Astronomy!
Bersiaplah Amati Komet K1 PanSTARRS! Bersiaplah Amati Komet K1 PanSTARRS! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/12/2014 11:01:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.