'Badai Meteor' Bakal Muncul Akhir Mei 2014

'Badai Meteor' Bakal Muncul Akhir Mei 2014
Titik radian 'badai meteor' Camelopardalid. Kredit: Starry Night Software
Info Astronomy - Kita semua bakal kedatangan sesuatu yang menarik untuk dilihat pada akhir Mei 2014. Sebuah hujan meteor dengan intensitas 1000 meteor per jam!

Pada tanggal 23 Mei dan 24 Mei 2014, Bumi akan melalui puing-puing komet 209P/LINEAR. Puing-puing tersebut bakal masuk ke atmosfer Bumi dan terbakar, maka jadilah meteor.

"Potensi terjadinya hujan meteor baru ini tidak meyakinkan para astronom," kata narator Jane Houston Jones dalam sebuah video yang dirilis oleh NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, pada 30 April.

"Prediksi intensitas hujan meteor ini adalah 1000 meteor per jam. Saya kira ini bukan hujan meteor, melainkan badai meteor." tambahnya.

Badai meteor ini akan muncul dari titik radian dekat dengan Bintang Polaris (Bintang Utara), yang terletak di ujung gagang rasi bintang Biduk. Kanada dan Amerika Serikat adalah lokasi pengamatan terbaik.

Untuk Indonesia, masih ada kesempatan untuk mengamatinya. Bangunlah saat tengah malam pada 23 dan 24 Mei 2014 dan lihat arah Utara.

Komet 209P/LINEAR --yang ditemukan pada tahun 2004-- mengorbit Bumi tiap lima tahun sekali. Komet itu sendiri relatif kecil dan redup sehingga sukar diamati dengan mata telanjang.

Hujan meteor atau badai meteor baru ini dinamakan Camelopardalid. Dan menjadi kandidat hujan meteor kedua pada Mei setelah hujan meteor Eta Aquarid (5-7 Mei).

Semoga badai meteor ini benar-benar terjadi!
'Badai Meteor' Bakal Muncul Akhir Mei 2014 'Badai Meteor' Bakal Muncul Akhir Mei 2014 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/06/2014 10:00:00 AM Rating: 5

6 komentar

  1. Aaaakkk... Penasaran! Bakal keren kalo beneran terjadi. :D

    BalasHapus
  2. kenapa harus tengah malam mulainya?
    pas malam aja biar banyak yang liat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saat tengah malam adalah saat satu belahan Bumi yang menghadap jalur jatuhnya meteor. Dan juga tengah malam langit sudah benar-benar gelap. Syarat untuk melihat hujan meteor adalah: langit gelap dan cerah. :)

      Hapus
  3. Semoga tidak ada yg membahayakan bumi kita ya...!!??

    BalasHapus
  4. wahhh..... kita bakalan pesta meteor :) ! smga gak smpai ngebahayain dgn intensitas sbnyak itu o:)

    BalasHapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.