Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi April 2014

Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi April 2014
April 2014. Kredit: NASA
Info Astronomy - April Mop! April baru saja dimulai, semangat di bulan ke-4 dalam kalender masehi ini harus lebih ditingkatkan, khusunya yang mengikuti ujian di sekolahnya.

Sambil menemani Anda, alam semesta tiada hentinya menyajikan fenomena-fenomena astronomis yang indah nan menakjubkan. Tentunya bisa kita amati dan nikmati. Berikut daftar fenomena astronomis April 2014:

8 April 2014: Oposisi Mars
Mars dan Bumi akan berada pada jarak terdekat mereka satu sama lain. Walau jarak terdekat, kata 'dekat' di sini dekat dalam pandangan astronomi.

Ini adalah saat yang tepat untuk mengamati Planet Merah. Mars akan berjarak 0,62 SA (1 SA=150 juta km) dan memiliki magnitudo semu -1.5. Magnitudo tersebut cukup terang di langit malam Bumi.

15 April 2014: Bulan Purnama, Gerhana Bulan Total
Seperti pada Maret, Bulan Purnama pada April ini akan terjadi pada tanggal 15, tepatnya pada pukul 14:42 WIB (7:42 UTC).

Bulan Purnama terjadi saat Bumi terletak di antara Matahari dan Bulan. Dengan tertutupinya Bulan Purnama pada April 2014 ini, maka akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT).

Sayangnya, GBT ini hanya dapat diamati di Amerika Utara dan Selatan, sebagian Australia dan Selandia Baru saja. Wilayah Indonesia yang bisa melihatnya hanya wilayah Timur Papua saja.

17 April 2014: Okultasi Saturnus
Bulan yang bergerak sepanjang lintasan orbit planet di tata surya akan melintas di depan planet Saturnus jika ditinjau dari Bumi. Dengan begitu, maka akan terjadi fenomena bernama Okultasi Saturnus.

Okultasi ini mirip seperti gerhana, bedanya yang ditutupi oleh Bulan adalah obyek tata surya seperti bintang dan planet. Okultasi Saturnus ini berlangsung pada 14:19 WIB, maka seluruh wilayah Indonesia tidak bisa mengamatinya (masih siang).

21-22 April 2014: Hujan Meteor Lyrid
Selama bulan Maret, kita tidak bisa mengamati hujan meteor karena memang tidak ada jadwal hujan meteor untuk Maret. Namun pada April ini, akan ada hujan meteor yang wajib untuk diamati pengamat langit.

Bernama hujan meteor Lyrid, muncul di rasi bintang Lyra pada malam 21 hingga dinihari tanggal 22 April setiap tahunnya. Intensitasnya mencapai 20 meteor per jam. 1 menitnya diperkirakan akan ada 1 sampai 2 meteor melintas di langit.

29 April 2014: Gerhana Matahari Cincin (GMC)
April akan benar-benar menjadi bulan yang menarik! Setelah ada Gerhana Bulan, akan terjadi lagi gerhana lainnya, yakni GMC alias Gerhana Matahari Cincin.

Pada 29 April 2014, sebuah GMC akan berlangsung. GMC akan terlihat di Australia, Samudera Hindia dan bagian Selatan Antartika.

Namun, Gerhana Matahari Sebagian akan terlihat di Antartika dan Australia. Gerhana matahari terjadi ketika Bulan ada di antara Matahari dan Bumi.

Itulah beberapa fenomena astronomis yang akan terjadi pada April 2014. Semoga kita diberi umur panjang untuk bisa mengamati semuanya. Aamiin.
Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi April 2014 Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi April 2014 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/01/2014 01:37:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.