Melihat Gerhana Bulan Total 15 April 2014

Melihat Gerhana Bulan Total 15 April 2014
Foto detik-detik gerhana Bulan total tahun 2000. Kredit: Fred Espenak
Info Astronomy - Sebuah Gerhana Bulan Total (GBT) adalah salah satu peristiwa astronomis yang paling dramatis, menakjubkan dan paling gampang untuk dinikmati. Namun, ini peristiwa langka.

Selama GBT, Matahari, Bumi dan Bulan membentuk konfigurasi satu garis lurus di luar angkasa. Bulan akan memasuki bayangan gelap Bumi yang disebut umbra.

Seluruh wilayah Bumi yang malam hari atau yang kebetulan ada Bulan saat sedang berlangsung GBT akan berkesempatan mengamati gerhana.

Tidak ada peralatan khusus yang diperlukan. Alih-alih Bulan menjadi gelap gulita karena gerhana, Bulan malah akan terlihat berwarna merah darah seperti pada foto di atas.

Beberapa gerhana terjadi sebelum fajar. Untuk tanggal 15 April 2014, GBT akan terjadi sore hari di Indonesia.

GBT ini bisa dilihat di Indonesia Timur saja, itupun sulit karena Bulan baru saja terbit. Sementara itu di Amerika Utara, gerhana terjadi saat sebelum fajar.

Indonesia Timur hanya akan menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian (yang akan selesai) saja, terjadi pada pukul 16:25 WIT. Namun saat itu terjadi, Bulan belum terbit.

Sementara di Indonesia Barat masih siang saat terjadi gerhana total, saat itu di Jakarta masih pukul 14:46 WIB. Bulan belum terbit dan langit masih terang benderang.

Kesimpulannya: Gerhana Bulan Total 15 April 2014 tidak dapat diamati di hampir seluruh wilayah Indonesia. GBT ini dapat diamati dengan mudah di Amerika Utara.
Melihat Gerhana Bulan Total 15 April 2014 Melihat Gerhana Bulan Total 15 April 2014 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/12/2014 01:25:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.