Laporan Pengamatan: Gerhana Bulan Total 15 April 2014

Laporan Pengamatan: Gerhana Bulan Total 15 April 2014
Screenshot saat live streaming Gerhana Bulan Total 15 April 2014. Kredit: Google Plus Hangout
Info Astronomy - Gerhana Bulan Total baru saja usai (15 April 2014, 16:33 WIB). Gerhana ini tidak dapat diamati di Indonesia, maka dari itu, kami sempat membuat live streaming.

Gerhana Bulan Total terjadi saat Matahari, Bumi dan Bulan berada satu garis lurus di antariksa. Cahaya Matahari yang menyinari Bulan akan ditutupi oleh Bumi yang berada di antara Matahari dan Bulan tersebut.

Bulan tidak nampak gelap gulita seperti halnya Gerhana Matahari, Bulan malah terlihat berwarna merah darah seperti pada foto di atas.

Gerhana Bulan Total pertama di tahun 2014 ini dimulai pada pukul 12:58 WIB, puncaknya pada pukul 14:46 WIB dan berakhir pada 16:33 WIB tanggal 15 April 2014. Bukan malam ini!

Titik gerhana adalah di arah Selatan Samudera Pasifik, memungkinkan hampir seluruh negara bagian Amerika Serikat, Meksiko, Chile dan beberapa negara di Amerika Selatan menyaksikannya langsung.

Detik-detik Gerhana
Awal gerhana diawali dengan sisi Selatan Bulan yang redup seperti digigit raksasa antariksa. Lama-kelamaan Bulan terlihat bagai Bulan fase Separuh (padahal malam ini Bulan Purnama).

Mendekati pukul 14:30 WIB, piringan Bulan hampir seluruhnya ditutupi Bumi. Bulan hampir memasuki wilayah umbra Bumi saat itu.

Akhirnya, pada pukul 14:46 WIB, Bulan seketika berubah menjadi berwarna merah darah atau yang disebut Blood Moon.

Blood Moon memudar. Kredit: Phil Plait
Tepat pada pukul 15:25 WIB, Blood Moon memudar. Pertanda Gerhana Bulan siap berakhir. Saat itu, terlihat Gerhana Bulan Sebagian di sisi Utara Bulan.

Gerhana Bulan Total 15 April 2014 akhirnya resmi berakhir pada pukul 16:33 WIB. Langit Amerika sudah semakin siang dan Indonesia menjelang senja.

Kapan ada Gerhana Bulan kembali?
Seluruh wilayah Indonesia dapat mengamati Gerhana Bulan Total bersama-sama pada tanggal 8 Oktober 2014.

Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014 akan terjadi saat Bulan baru saja terbit untuk Indonesia Tengah dan Indonesia Timur. Puncaknya pada pukul 18:54 WITA dan 19:54 WIT.

Sedangkan untuk Indonesia Barat, baru dapat mengamati Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014 ini setelah adzan Maghrib. Bulan saat itu ada di Timur dan terlihat merah.

Semoga kita masih diberi umur panjang untuk mengamati Gerhana Bulan selanjutnya ini.
Laporan Pengamatan: Gerhana Bulan Total 15 April 2014 Laporan Pengamatan: Gerhana Bulan Total 15 April 2014 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/15/2014 03:52:00 PM Rating: 5

3 komentar

  1. Ada video yg bisa diunduh ga? Pengen liat :(
    Ketinggalan info tadi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cari di YouTube. Pasti ada yang upload kok.

      Hapus
  2. coba ada video yg bisa di download min

    BalasHapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.