FOTO: Dua Galaksi Saling Berinteraksi

Interaksi galaksi NGC 1316 dengan NGC 1317. Kredit: ESA/ESO
Info Astronomy - Foto baru dan keren dari salah satu teleskop canggih milik European Southern Observatory di gurun Chile ini menunjukkan sepasang galaksi yang sedang menari pelan-pelan mengelilingi satu sama lain.

Sebagaimana hal-hal lainnya di alam, galaksi besar dan cemerlang dalam foto ini begitu cantik, tapi berbahaya. Sebagian ilmuwan bahkan menyebutnya 'galaksi penindas'.

Ketika galaksi saling berdekatan, seperti dua galaksi ini, kita menyebutnya 'galaksi berinteraksi'. Keduanya tidak berinteraksi seperti kalian berinteraksi dengan teman-teman --tarikan kuat dari gravitasi masing-masing galaksi menarik galaksi lainnya.

Tapi ini bukan pertandingan tarik tambang yang berimbang. Seperti yang kalian lihat, satu galaksi lebih besar daripada galaksi lainnya.

Itu berarti gravitasinya lebih kuat, dan nanti akan mengakhiri pertandingan persahabatan ini dengan melahap galaksi yang lebih kecil!

Galaksi yang mendominasi foto ini disebut NGC 1316, dan ada bukti-bukti yang menunjukkan ini bukan pertama kalinya galaksi tersebut melahap galaksi lain.

Bukti itu antara lain: garis-garis debu kosmik yang bersilangan di dekat pusat galaksi dan gumpalan-gumpalan gugus bintang yang tidak biasanya berukuran kecil.

Bukti-bukti ini menunjukkan galaksi tersebut mungkin telah menelan galaksi spiral lain sekitar tiga milyar tahun yang lalu.

Fakta menarik
Sebagai bonus, foto baru ini juga memiliki jendela ke alam semesta jauh, jauh melampaui kedua galaksi yang berinteraksi. Sebagian besar titik-titik yang agak kabur di foto adalah galaksi yang sangat jauh.

Disadur dari Press Rilis Lembaga Antariksa Eropa.
FOTO: Dua Galaksi Saling Berinteraksi FOTO: Dua Galaksi Saling Berinteraksi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/06/2014 05:00:00 PM Rating: 5