Bulan Sabit Akan Temui Gugus Bintang Pleiades

Simulasi langit malam ini (2/4). Kredit: Stellarium Software
Info Astronomy - Bulan Sabit muda yang saat ini berada di rasi bintang Taurus akan terlihat istimewa. Sebab ia akan bertemu dengan gugus bintang Pleiades (M 45).

Rasi bintang Taurus sendiri sangat mudah ditemukan. Di Taurus, ada bintang paling terang bernama Aldebaran dan Taurus juga bertetangga dengan rasi bintang Auriga dengan bintang Capella terangnya.

Jika ingin mengamati gugus bintang Pleiades, pastikan Anda telah menemukan Bulan terlebih dahulu. Bulan akan terlihat di langit Barat saat Matahari terbenam senja ini (2/4), sementara itu Pleiades ada di atasnya seperti pada gambar di atas.

Bulan Sabit Akan Temui Gugus Bintang Pleiades
Bulan Sabit muda 1 April 2014. Kredit: Abu Yahya Jamali/Abuyahya Observatory
Meskipun Bulan tampak bergerak tenggelam ke arah Barat bersamaan dengan bintang-bintang lainnya di malam hari, ia sebenarnya mengorbit Bumi ke arah Timur.

Karena inilah, Anda akan melihat Bulan yang lebih dekat dengan bintang Aldebaran beberapa menit setelah Matahari terbenam pada tanggal 3 April 2014.

Jika Anda memiliki teleskop, gunakanlah untuk mengamati gugus bintang Pleiades. Jangan khawatir jika tidak punya teleskop, dengan mata saja si Pleiades sudah teramati, walau kecil.