Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

'Benua Australia' Ditemukan di Planet Mars

'Benua Australia' Ditemukan di Planet Mars
Batu berbentuk Benua Australia di pemukaan Mars. Kredit: NASA
Info Astronomy - Robot penjelajah Planet Mars bernama Curiosity milik Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah memulai operasi ilmiahnya di wilayah baru di Mars yang disebut Kimberly.

Nama Kimberly sendiri berasal dari nama salah satu daerah di Australia Barat. Dan dalam citra baru yang diunggah Mars Science Laboratory, nama Kimberly memang sangat cocok menjadi nama wilayah tersebut.

Citra baru itu menunjukkan bentukan batu yang menarik yang terlihat di depan Curiosity. Batu itu tampaknya terbentuk melewati beberapa proseserosi. Sekilas, batu itu berbentuk seperti Benua Australia.

Tentu saja, ini hanyalah contoh lain dari pareidolia Mars, yakni sebuah fenomena psikologis yang mengacu pada kecenderungan otak manusia untuk melihat bentuk yang kita kenal dalam gambar tertenu.

Terlepas dari itu semua, bentuk objek ini memang sangat mirip. Hal ini sangat unik karena batu ini berada di lokasi yang dinamai dari wilayah Australia.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

1 komentar

  1. Selain Kimberley, wilayah di Mars ada apa saja?
Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.